Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Berbasis Quantum Quotient Pada Mata Pelajaran Pai Di Smp Negeri 3 Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Ainun (2019) Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Berbasis Quantum Quotient Pada Mata Pelajaran Pai Di Smp Negeri 3 Bangkalan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
AINUN ROHMAH_F02317061.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk RPP berbasis Quantum Quotient bagi siswa kelas VII SMP dan mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang dilatar belakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru, sedangkan siswa hanya sebagai objek ajar, hal ini dikarenakan guru dalam proses pembelajaran guru lebih banyak menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, pembelajaran berlangsung monoton membuat peserta didik bosan dan kurang bersemangat. Metode yang digunakan adalah Research & Development (R&D). Alat pengumpulan data menggunakan lembar angket dan tes soal berupa essay. Populasi penelitian ini154 siswa dan sampel 31 siswa. Data analisis menggunakan Uji-t, hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP berbasis Quantum Quotient valid, efektif dan dapat digunakan sebagai perangkat pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan diterapkannya model pembelajaran Quantum Quotient minat belajar peserta didik meningkat dan termasuk dalam kategori baik. Hasil belajar peserta didik dengan hasil hitungan diperoleh t hitung -16.423 > t tabel 2,042 dengan taraf signifikan 0,05 sehingga dengan begitu Ho di tolak, berarti menggunakan rpp berbasis Quantum Quotient menunjukkan adanya perbedaan lebih baik dalam pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini juga terlihat dari hasil pretest nilai rata-rata 54.74 tidak tuntas dalam pembelajaran dan setelah pembelajaran diolah menggunakan perangkat rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis quantum quotint nilai rata-rata dari postest 84.09 atau hasil peserta didik tuntas 100%. Dengan begitu menunjukkan bahwa hasil belajar yang dicapai oleh kelompok peserta didik kelas VII di SMPN 3 Bangkalan yang menggunakan RPP berbasis Quantum Quotient lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan RPP biasanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Ainunainunrochmah2@gmail.comF02317061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus SalamahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rohmah Ainun
Date Deposited: 16 Aug 2019 07:55
Last Modified: 16 Aug 2019 07:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35225

Actions (login required)

View Item View Item