Sistem sewa Tambak Garam Rakyat di Desa Lembung Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan: analisis perspektif ekonomi syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulalah, Anis (2019) Sistem sewa Tambak Garam Rakyat di Desa Lembung Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan: analisis perspektif ekonomi syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anis Sulalah_F02417112.pdf

Download (13MB)

Abstract

Sewa menyewa yang terjadi Di Desa Lembung Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan adalah sewa menyewa tambak garam. Masyarakat menyewa tambak garam karena mayoritas tambak garam yang ada disana adalah milik masyarakat luar. Sistem sewa menyewa tambak garam yang ada disana sebagian menggunakan sistem kepercayaan dan sistem secara tertulis. Akan tetapi dalam praktek sewa – menyewa yang ada disana terdapat beberapa kasus. Dimana ketika dalam melakukan sewa – menyewa tambak garam si pemilik tambak garam ketika sudah menyewakan tambak garamnya kepada seseorang mereka meminta untuk garam hasil dari tambak yang telah disewakan tersebut dijual kepada si pemilik tambak garam sementara harga dalam akad tidak disebutkan dan si pemilik tambak membeli dengan harga dibawah harga pasaran. Ada juga suatu permasalahan dimana ketika penyewa tambak meninggal dunia sedangkan masa sewa belum berakhir maka tambak garam tersebut diambil alih oleh pemilik tambak. Artinya, dengan meninggalnya penyewa tersebut maka berakhir pulalah masa sewa tambak tersebut padahal masa sewa masih ada. Selain itu, si pemilik tambak ketika ingin memindah sewakan tambak yang ia punya tidak memberikan informasi kepada pihak penyewa padahal si penyewa masih ingin memperpanjang masa sewanya karena semasa ia menyewa harga garam murah dan ia tidak mendapatkan untung. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskribtif kualitatif, sedangkan tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat digambarkan bahwa sistem sewa tambak garam di Desa Lembung Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan sebagian sudah sesuai dengan aturan ekonomi syariah dimana rukun beserta syaratnya sudah terpenuhi, penyewa hanya mengambil manfaat dari tambak garam yang ia sewa kecuali yang terdapat kasus seperti diatas, dimana belum bisa dikatakan sesuai dengan aturan ekonomi syariah karena segala sesuatu yang mengandung unsur ketidak adilan dan penindasan atau merugikan orang lain tidak diperbolehkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulalah, Anisanisdegedeg@gmail.comF02417112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, AliUNSPECIFIED196212141993031002
Subjects: Sewa
Keywords: Sistem; Sewa-Menyewa; Tambak Garam
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sulalah Anis
Date Deposited: 06 Nov 2019 04:32
Last Modified: 06 Nov 2019 04:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35218

Actions (login required)

View Item View Item