Pesan dakwah dalam Novel "O" Karya Eka Kurniawan: analisis Semiotik model Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadlal, Agus Ahmad (2019) Pesan dakwah dalam Novel "O" Karya Eka Kurniawan: analisis Semiotik model Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agus Ahmad Fadlal_B91215078.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini, banyak masyarakat yang masih mengartikan “dakwah” sebagai kegiatan ceramah seorang ulama didepan banyak jemaah, Padahal, dakwah dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja dengan segenap kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki. Namun, meski begitu dalam pelaksanaannya tetap harus memperhatikan unsur-unsur dakwah, agar dakwah yang dilakukan dapat berjalan efektif. Semua unsur dakwah menjadi penting dan saling bertatutan satu sama lain. Namun, ada unsur-unsur yang bisa diperhatikan untuk menjadikan dakwah mudah diterima, terutama untuk mereka yang sulit menerima dakwah konvensional. Unsur tersebut yakni pesan dan media dakwah. Dakwah memiliki banyak cara penyampaian, salah satunya adalah dakwah melalui tulisan (bil qolam). Dakwah melalui tulisan pun juga memiliki berbagai macam medianya, salah satunya adalah melalui novel. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis memutuskan untuk meneliti Bagaimana Pesan Dakwah Dalam Novel “O” Karya Ea Kurniawan. Penulis memilih novel “O” sebagai subjek penelitian karena novel “O” penulis anggap menarik dan layak untuk diteliti, sebab novel “O” merupakan novel bergenre semi fabel atau animal farm, yang jika dilihat dari judul ataupun sinopsis nya sendiri tidak mencerminkan ada unsur keislaman sama sekali. Namun, dibalik itu, novel “O” ternyata memiliki banyak pesan dakwah didalamnya yang disampaikan secara langsung maupun tidak langsung (intrinsik). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pesan dakwah dalam novel “O” karya Eka Kurniawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian analisis teks semiotik model Roland Barthes yang memiliki tiga kerangka analisis yakni denotasi, konotasi, dan mitos. Berdasarkan analisis data dan interpretasi teoretik, diperoleh kesimpulan bahwa pesan dakwah yang ada dalam novel “O” karya Eka Kurniawan secara keseluruhan sangat relevan dengan Agama Islam dan dapat digolongkan sebagai pesan dakwah yang berisi renungan-renungan dan kutipan ayat Al-Quran tentang aspek akidah, syariah dan akhlak. Berdasarkan penelitian penulis, pesan dakwah dalam novel O mayoritas masuk dalam kategori pesan dakwah syariah. Beberapa pesan dakwah dalam novel O ditampakkan secara jelas. Mulai dari pengutipan ayat Al-Quran serta penjelasan yang mengikutinya. Namun kebanyakan pesan dalam novel ini membutuhkan pemaknaan lagi atau semua pesan yang terkandung merupakan sebuah makna konotasi yang diperlukan perenungan untuk memahami makna sebenarnya. Saran untuk peneliti selanjutnya, karena alur dalam novel O disajikan seperti puzzle yang mengharuskan pembaca untuk bisa menyatukan ceritanya dan pesan dakwah yang ada didalamnya di muat di beberapa bagian dan sifatnya sama, maka peneliti selanjutnya dapat fokus meneliti satu kategori pesan dakwah saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadlal, Agus Ahmadfad.fadlal@gmail.comB91215078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRubba, Sheh Sulhawisulhawirubauinsa@yahoo.co.id195501161985031003
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Dakwah; Novel; Analisis Semiotik Roland Barthes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fadlal Agus Ahmadb
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:57
Last Modified: 16 Aug 2019 03:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35216

Actions (login required)

View Item View Item