Bid'ah dalam penafsiran al Quran: kajian atas pemikiran Abdullah al Ghumari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakiyyah, Nurul Ulya Fahmi (2019) Bid'ah dalam penafsiran al Quran: kajian atas pemikiran Abdullah al Ghumari. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Ulya Fahmi Zakiyyah_F02517176.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bid’ah dan berbagai pembahasan yang mendalam tentangnya selama ini sangat terkait dalam kajian diskursus teologi dan perbincangan hukum keagamaan. Syaikh Abdullah bin Muhammad bin Siddiq al-Ghumari (w. 1993 M) mengarang sebuah kitab yang diberi judul bida’ al-tafasir, dimaksudkan untuk mencetuskan kajian baru terkait penafsiran al-Qur’an yang membahas tentang bid’ah-bid’ah dalam penafsiran. Hal ini, dilakukannya sebagai upaya kritiknya akan karya-karya tafsir yang mengandung penyimpangan-penyimpangan makna dalam penafsiran. Menurut Abdullah al-Ghumari belum ada sebelum beliau yang memeperhatikan masalah ini. Melihat latar belakang tersebut, penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis gagasan Abdullah al-Ghumari dalam kajian ini, dengan meneliti genealogi gagasanya, kemudian menganalisa kriteria untuk kemudian mengklasifikasikannya serta menemukan kontribusinya. Adapun metode penelitian yang digunakan, yaitu menggunakan metode kualitatif, yang sifatnya library research, yaitu penelitian yang bersumber dari kepustakaan. Dengan menggunakan metode di atas, penulis mendapat kesimpulan penelitian bahwa: Genealogi istilah Bida’ at-Tafasir berawal dari istilah yang dipakai oleh Imam al-Zamakhshari dalam kitab tafsirnya, yang kemudian dipakai al-Ghumari menjadi terminologi kajiannya, namun dengan domain serta kaidah yang digunakan al-Ghumari lebih luas daripada al-Zamkhshari dalam identifikasinya terhadap bid’ah penafsiran. Kedua, kriteria yang dipakai al-Ghumari dalam mengidentifikasikan bid’ah penafsiran adalah, bid’ah penafsiran yang berkaitan dengan periwayatan, bid’ah penafsiran berupa penyimpangan kebahasaan, penafsiran yang mencederai kemuliaan al-Qur’an dan maqam kenabian, dan penafsiran yang bernuansa humor. Sedangkan definisi dari bid’ah penafsiran menurut Abdullah al-Ghumari sendiri adalah “Sebuah penafsiran yang berdasarkan pada riwayat da’if atau mawdu’’ baik dalam landasan hadis, ataupun riwayat sebab turunnya ayat dan qira’ah, juga penafsiran yang didasarkan pada pakem tata bahasa Arab yang shad, merubah lafal al-Qur’an, memaknai dengan pemaknaan asing, keluar dari konteks ayat, memaknai majaz pada ayat-ayat kisah umat terdahulu, mencederai maqam kenabian dan kemuliaan al-Qur’an, serta penafsiran yang bernuansa humor”. Ketiga, Karya ini mampu membuka jalan untuk para para pengkaji tafsir dalam mengumpulkan sebuah fakta penyimpangan dalam satu kitab dan secara tidak langsung mengandung kaidah-kaidah penting yang selanjutnya dapat dijadikan rambu jalan agar dapat mewaspadai dari mengambil pemaknaan al-Qur’an yang tidak tepat. Selain itu, Abdullah al-Ghumari merumuskan sebuah kaidah yang menurutnya banyak mufassir yang lalai bahkan belum ada yang benar-benar memperhatikannya. Yaitu, bahwa dalam menafsirkan ayat-ayat kisah tidak boleh menggunakan majaz sehingga menggunakan bahasa yang tidak dikenal oleh kaum yang dibicarakan oleh ayat tersebut dan bahwa penafsiran ishari itu diterima, tidaklah termasuk bid’ah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakiyyah, Nurul Ulya Fahminurul.ulyafz@gmail.comF02517176
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorRiyadi, Abdul KadirUNSPECIFIED2013087003/197008132005011003
Subjects: Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Uncontrolled Keywords: Bid'ah Penafsiran; Abdullah al-Ghumari
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Zakiyyah Nurul Ulya Fahmi
Date Deposited: 19 Aug 2019 03:57
Last Modified: 19 Aug 2019 03:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35208

Actions (login required)

View Item View Item