Peningkatan kemampuan berhitung anak melalui permainan congklak pada kelompok A di Raudlatul Athfal Perwanida 1 Tlogoanyar Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Supiyatun, Supiyatun (2019) Peningkatan kemampuan berhitung anak melalui permainan congklak pada kelompok A di Raudlatul Athfal Perwanida 1 Tlogoanyar Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Supiyatun_D08215013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di sampaikan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok A di RA Perwanida 1 Tlogoanyar Lamongan yang masih tergolong rendah. teknik yang digunakan saat pembelajaran berhitung masih menggunakan metode ceramah. Dengan begitu, anak-anak cepat merasa bosan dan tidak tertarik dengan kegiatan berhitung. Tujuan dari penelitian iniyaitu untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan berhitung anak dan cara yang digunakan untukmeningkatkan kemampuan berhitung anak melalui permainan congklak. oleh sebab itu, penelitian tindakan kelas ini di harapkan dapat meningkatkan kemampuan berhitung dengan mudah dan menyenangkan dan membuat anak-anak merasa senang dengan kegiatan berhitung yang dilakukan dengan aktivitas bermain. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan test lisan. Penelitian ini melibatkan 15 anak. Dan Hasil penelitian membuktikan bahwa untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak. Dengan adanya permainan congklak dapat dijadikan sebagai teknik pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak dengan cara yang menyenangkan. Karena anak-anak tidak merasa belajar, akan tetapi merasa sedang bermain. Untuk mengetahui hasil dari kegiatan permain congklak ini untuk meningkatkan kemampuan berhitung dapat dilihat dari bukti hasil pengamatan di setiap siklus, di dalam tahap siklus I, peningkatan kemampuan berhitung anak memiliki nilai rata-rata 2,8, untuk hasil presentase 70% dengan predikat “BSH” Berkembang sesuai harapan. Sedangkan di tahap siklus II setiap anak memiliki nilai rata-rata 3,33, untuk hasil presentase 83,2% yaitu dengan predikat “BSB” Berkembang dengan sangat baik. Selain dapat mengembangkan kemampuan berhitung, permainan congklak bisa dijadikan media untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak. Dengan begitu diharapkan guru dapat mendesain permainan congklak semenarikmungkin,agar anak dapat belajar dengan cara yang menyenangkandan mudah dipahami.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Supiyatun, SupiyatunSofifia887@gmail.comD08215013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorNadlir, NadlirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Kemampuan Berhitung
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Supiyatun Supiyatun
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:29
Last Modified: 15 Aug 2019 04:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35205

Actions (login required)

View Item View Item