.Pengembangan Materi Ajar PAI Berbasis Model Pemaknaan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mursyidah, Roihana Waliyyul (2019) .Pengembangan Materi Ajar PAI Berbasis Model Pemaknaan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roihana Waliyyul Mursyidah_F02317104.pdf

Download (4MB)

Abstract

Roihana Waliyyul Mursyidah. Pengembangan Materi Ajar PAI Berbasis Model Pemaknaan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag. Keterampilan berpikir kreatif merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa di sekolah. Namun faktanya hal tersebut belum tampak pada proses pembelajaran di kelas. Salah satu faktor yang memengaruhi hal tersebut dapat terjadi adalah karena materi ajar yang digunakan di kelas belum menyantumkan indikator keterampilan berpikir kreatif. Oleh karena itu, adanya pengembangan materi ajar PAI yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan materi ajar PAI berbasis model pemaknaan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa serta respon siswa terhadap materi ajar PAI berbasis model pemaknaan yang dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, di antaranya tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan tahapan evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa teknik, di antaranya dokumentasi, observasi, kuesioner, dan pemberian tes.Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Desain pengembangan materi ajar PAI berbasis model pemaknaan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Hasil validasi materi ajar PAI berbasis model pemaknaan yang dikembangkan memeroleh modus kategori validitas valid. 2) keterampilan berpikir kreatif siswa meningkat setelah pembelajaran dengan menggunakan materi ajar Pendidikan Agama Islam berbasis model pemaknaan. 3) respon siswa terhadap materi ajar PAI berbasis model pemaknaan yang dikembangkan memeroleh modus kategori respon siswa positif. Kata Kunci: Pengembangan Materi Ajar, Pendidikan Agama Islam, Model Pemaknaan, Keterampilan Berpikir Kreatif, Siswa Sekolah Dasar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mursyidah, Roihana Waliyyulroihanawm@gmail.comF02317104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatus@yahoo.com196903211994032003
Subjects: Kecakapan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Pendidikan > Sumber Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Tes Belajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Roihana Waliyyul Mursyidah
Date Deposited: 15 Aug 2019 07:58
Last Modified: 15 Aug 2019 07:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35191

Actions (login required)

View Item View Item