Relevansi Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Anak dalam al-Qur'an dan Kegiatan Khuruj Jama'ah Tabligh

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

abdi, lathiyfa (0014) Relevansi Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Anak dalam al-Qur'an dan Kegiatan Khuruj Jama'ah Tabligh. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
ABDI LATHIYFA_F02517151.pdf

Download (1MB)

Abstract

Al-Qur’an menjadikan anak sebagai perihal yang serius untuk diperhatikan, hingga menaruh beban besar kepada orang tua untuk bertanggung jawab terhadap anaknya. Khurūj adalah metode dakwah yang digunakan oleh Jama’ah Tabligh, yaitu meluangkan waktu di jalan Allah dengan menggunakan harta dan diri sendiri. Di lapangan banyak jama’ah yang lalai dengan tanggung jawabnya sebagai orang tua bagi anak-anaknya karna khurūj. Padahal, tanggung jawab seorang muslim untuk berdakwah tidak menghapuskan tanggung jawabnya sebagai orang tua. Disini penulis berusaha mengungkap konsep khūruj Jamaah Tabligh yang sebenarnya dan merelevansikannya dengan konsep dalam al-Qur’an. Sehingga di dapat rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (a) Bagaimana tanggung jawab orang tua terhadap anak dalam konsep al-Qur’an?; (b) Bagaimana kesesuaian konsep kegiatan khurūj Jama’ah Tabligh terkait dengan tanggung jawab orang tua terhadap anak dalam al-Qur’an?Penelitian ini merupakan salah satu jenis penelian kualitatif dengan merujuk pada sumber kepustakaan. Metode yang dipakai adalah diskriptif, analistis, relevantif. Yaitu dengan mendiskripsikan konsep khurūj Jama’ah Tabligh dan konsep tanggung jawab orangtua terhadap anak dalam al-Qur’an kemudian menganalisis keduanya sehingga ditemukan relevansi diantaranya.Hasil kesimpulan pada penelitian ini yaitu: (a) konsep tanggung jawab orang tua terhadap anak terdapat beberapa tanggung jawab, yaitu: mendoakan kebaikan bagi anak sebagaimana para Nabi mendoakan untuk anak-anak meraka, memberikan pendidikan yang kompleks, baik itu pendidikan formal ataupun informal, pendidikan agama, kepribadian, sosial, dan sebagainya, menanamkan nilai ketauhidan semenjak di dalam kandungan dan dikuatkan setelah ia lahir hingga dewasa; (b) Adapun kesesuainnya dengan konsep khurūj Jama’ah Tabligh terletak pada tujuan khurūj itu sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
abdi, lathiyfaabdilathiyfa@gmail.comF02517151
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDRosneli, Rosnelirosneli_e@yahoo.comUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDmuhammad, habibul haqmuhammadhabib87@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Air Susu Ibu
Dakwah
Dakwah > Dakwah - Metode
Al Qur'an > Mukjizat al Quran
Islam > Pedoman Hidup
Perkawinan
Uncontrolled Keywords: Relevansi ; Tanggung Jawab Orang Tua
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Lathiyfa Abdi
Date Deposited: 15 Aug 2019 06:34
Last Modified: 15 Aug 2019 06:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35140

Actions (login required)

View Item View Item