Pemikiran akram diya' al-'umari dalam perspektif kritik hadis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhammad Badruz Zaman, Badruz (2019) Pemikiran akram diya' al-'umari dalam perspektif kritik hadis. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
MUHAMMAD BADRUZ ZAMAN F02817425.pdf

Download (11MB)

Abstract

Dalam studi kritik hadis terdapat dua aspek yang tidak bisa diunggulkan salah satunya, yaitu kritik sanad dan matan. Keduanya harus berjalan beriringan dengan mengusung kriteria kesahihan masing-masing. Namun, secara umum keduanya memiliki kaedah kesahihan yang sama, yaitu ketersambungan sanad, perawi yang ‘adil dan dabit, serta terbebas dari shadh dan ‘illat. Mengenai kriteria dan metode dalam melakukan kritik hadis, terdapat beberapa ulama yang menawarkan rumusannya, salah satunya adalah Akram Diya’ al-‘Umari, salah seorang profesor Sejarah Islam yang berasal dari Irak, mengingat pentingnya posisi sejarah dalam kajian kritik hadis, baik sanad maupun matan. Tema ini diambil karena beberapa alasan akademik, yaitu: 1) kritik hadis merupakan tema yang selalu didiskusikan oleh para ulama dan pengkaji hadis, 2) latar belakang sejarawan yang dipadukan dengan studi hadis menambah opsi dalam kritik hadis, 3) al-‘Umari merupakan ulama kontemporer yang produktif, banyak karya yang dihasilkan dan dijadikan rujukan, salah satunya adalah Manhaj a’-Naqd ‘ind al-Muhaddithin Muqaranan bi al-Manhaj al-Naqdi al-‘Garbi. Karena alasan-alasan tersebut, sehingga penulis merumuskan beberapa masalah yang harus dijawab dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana kerangka dasar pemikiran Akram Diya’ al-‘Umari? 2) Bagaimana latar belakang sosio-historis dari Akram D{iya’ al-‘Umari? 3) Bagaimana struktur dasar kritik hadis Akram D{iya’ al-‘Umari?Penilitian ini bersifat kualitatif dan termasuk studi pustaka (library research) dengan objek berupa data-data tertulis, baik terdapat dalam buku-buku, jurnal, berupa fisik maupun elektronik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah studi historis-kritis-filosofis, dengan merunut akar-akar historis dan mencari struktur fundamental dari pemikiran tersebut, sehingga al-‘Umari menawarkan gagasanya dalam studi kritik hadis. Adapun hasil dari penelitian ini adalah latar belakang Akram Diya’ al-‘Umari merupakan ulama kontemporer yang sangat menguasai bidang sejarah Islam. Penelitiannya tentang Khatib al-Bagdadi menjadi wadah “perkenalan” al-‘Umari dengan studi hadis. Dengan background-nya tersebut, al-‘Umari mencoba mengawinkan keilmuan yang dimilikinya dengan metode Barat kontemporer, metode sejarah yang ia pilih (historical method/ al-manhaj al-tarikhi). Dalam mengaplikasikannya, al-‘Umari menjadikan kitab-kitab dan metode-metode ulama klasik sebagai pijakan utama sebelum mengkomparasikan dengan metode historis. Dalam kritik hadisnya, ia merumuskan bahwa kaedah kesahihan hadis tidak berbeda dengan ulama hadis umumya. Namun dalam penerapannya, al-‘Umari memiliki metode dan langkah-langkah sendiri, yaitu: 1) muqaranah, 2) penyempurnaan metode Muhaddithin dan mengamalkannya, 3) memberikan perhatian yang lebih terhadap Sahabat (sebagai saksi mata) dan kuantitasnya, 4) memenuhi persyaratan perawi dan periwayatannya, dan 5) fokus dan perhatian dalam kajian ilmiah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhammad Badruz Zaman, Badruzajjajalhis@gmail.comF02817245
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDamanhuri, DamanhuriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Uncontrolled Keywords: Pemikiran akram diya' al-'umari
Divisions: Program Magister > Ilmu Hadis
Depositing User: Zaman Muhammad Badruz
Date Deposited: 15 Aug 2019 06:47
Last Modified: 15 Aug 2019 06:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35127

Actions (login required)

View Item View Item