NILAI-NILAI SIKAP TOLERAN YANG TERKANDUNG DALAM BUKU TEMATIK KELAS 1 SD

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Eka Wahyu (2015) NILAI-NILAI SIKAP TOLERAN YANG TERKANDUNG DALAM BUKU TEMATIK KELAS 1 SD. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Berawal dari banyaknya anak didik yang mempunyai sikap minimnya toleransi dalam segala hal baik dalam proses belajar mengajar maupun dalam kegiatan sehari-hari, buku teks tematik kurikulum 2013 mempunyai peran yang sangat penting dalam proses belajar mengajar dan diharapkan mampu membentuk karakter siswa khususnya karakter toleransi yang semakin menipis. Tesis ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk menjawab 1) desain sikap toleran dalam buku teks tematik kelas 1 SD, 2) kelebihan dan kekurangan sikap toleran dalam buku teks tematik kelas 1 SD, dan 3) untuk mengetahui solusi kekurangan sikap toleran dalam buku teks tematik kelas 1 SD.
Penelitian ini merupakan studi dokumentasi. Untuk mengetahui permasalahan dan mendapatkan data yang jelas penulis menggunakan metode dokumentasi yang bersumber dari 8 tema buku teks tematik kelas 1 SD. Dalam menganalisis mengacu pada 7 indikator sikap toleran dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Pada analisis isi menggunakan beberapa langkah analisis yaitu: perumusan masalah, pemilihan media (sumber data), definisi operasional, penyusunan kode indikator / kategori. Dan analisis data dan melakukan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menemukan bahwa desain sikap toleran pada buku teks tematik kelas 1 SD meliputi sikap menghormati orang lain, bekerjasama, senang membantu, senang berteman, bersikap setara (adil), hidup ukun (nyaman), dan kebebasan menjalankan ibadah. Kelebihan sikap toleran pada buku teks tematik kelas 1 SD yang terdapat pada tema 1-8 adalah teridentifikasinya 7 indikator sikap toleran sesuai dengan desain pendidikan karakter. Kelemahan sikap toleran yakni terdapat beberapa gambar yang bertentangan dengan karakter toleransi dan terdapat beberapa gambar yang tidak sesuai dengan keterangan yang ada di buku. Solusi kelemahan sikap toleran pada buku teks tematik kelas 1 SD adalah dengan memberikan revisi keterangan kata pada gambar negatif agar siswa tidak mengikuti gambar negatif yang tidak sesuai dengan sikap toleran. Selain itu beberapa keterangan kata yang tidak sesuai gambar, perlu direvisi agar disesuaikan dengan gambar

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Evi Fatimatur Rusydiyah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Eka WahyuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Keywords: Nilai Pendidikan; Toleran; Pelajaran Tematik; Materi pendidikan; PAI; SD
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 02:26
Last Modified: 19 Jan 2016 02:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3511

Actions (login required)

View Item View Item