Implementasi Teknik Abcde Pada Teori REBT untuk meningkatkan kedisiplinan seorang siswa di SMP YPM 5 Driyorejo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Mahesa Hegar Dian Harya (2019) Implementasi Teknik Abcde Pada Teori REBT untuk meningkatkan kedisiplinan seorang siswa di SMP YPM 5 Driyorejo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mahesa Hegar _B03215021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses implementasi teknik ABCDE pada teori REBT untuk meningkatkan kedisiplinan seorang siswa? (2) Bagaimana hasil implementasi teknik ABCDE pada teori REBT untuk meningkatkan kedisiplinan seorang siswa? Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang mana dalam pendekatan ini peneliti mendeskripsikan dan menguraikan data sesuai dengan data yang diperoleh dilapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan secara triangulasi, dan jenis penelitian yang ditulis oleh peneliti adalah studi kasus, yakni suatu model yang menekankan pada eksplorasi, pada satu kasus secara mendetail. Dengan disertai penggalian data yang dilakukan secara mendalam. Konsep analisis hasil penelitian dengan membandingkan perilaku klien sebelum dan sesudah proses konseling dengan menerapkan teknik ABCDE pada teori Rational Emotive Behavior Therapy (REBT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik ABCDE pada teori Rational Emotive Behavior Therapy untuk meningkatkan kedisiplinan siswa sekolah di SMP YPM 5 Driyorejo. Untuk menjelaskan proses dan hasil tersebut peneliti menggunakan teknik ABCDE pada teori REBT dengan menggabungkan teknik positive self- talk pada klien, agar klien mampu meningkatkan kedisiplinannya serta mampu mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Sehingga ia mampu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Mahesa Hegar Dian Haryamahesaharya18@gmail.comB03215021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantoso, AgusUNSPECIFIED197008251998031002
Subjects: Bimbingan Konseling
Perilaku
Keywords: Implementasi Teknik ABCDE, Rational Emotive Behavior Therapy (REBT),Kedisiplinan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Pratama Mahesa Hegar Dian Harya
Date Deposited: 15 Aug 2019 08:04
Last Modified: 15 Aug 2019 08:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35092

Actions (login required)

View Item View Item