التشبيه وأغراضه في شعر"أشهد أن لا امرأة إلا أنت" لنزار قباني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nihayati, Tiara Evi (2019) التشبيه وأغراضه في شعر"أشهد أن لا امرأة إلا أنت" لنزار قباني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tiara Evi Nihayati_A91215139.pdf

Download (949kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang tasybih dan tujuannya dalam syair “Aku Bersaksi Tiada Perempuan Selain Engkau” karya Nizar Qabani. Syair ini merupakan salah satu syair dari sekian banyak yang Nizar Qabani karang dengan begitu indah. Di dalamnya memuat tentang keindahan-keindahan perempuan yang telah mempengaruhi kehidupan Nizar Qabani. Tidak hanya mengandung keindahan tentang perempuan. Di dalam syair yang sedang peneliti teliti banyak unsur balaghah yang terkandung pada tiap-tiap baitnya. Dalam skripsi ini peneliti memiliki dua rumusan masalah, yaitu 1). Apa macam-macam Tasybih dalam syair Nizar Qabani? 2). Apa tujuan Tasybih dalam syair Nizar Qabani?. Berdasarkan masalah yang dianalisis, maka peneliti menggunakan teori tasybih dari Ahmad al-Hasyimi sebagai pisau analisis. Data dari penelitian ini berupah kata atau jumlah yang terdapat dalam syair karya Nizar Qabani. Penulisan skripsi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai metode analisisnya. Pengumpulan data menggunakan literatur-literatur atau karya ilmiah lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini serta mengambil dari data primer maupun data sekunder. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) yang membahas tentang macam-macam dan tujuan tasybih. Berdasarkan rumusan masalah di atas, peneliti menemukan tiga macam tasybih yaitu, 1) adat tasybih, 2) wajh as-syibah dan 3) tasybih berdasarkan maksud dan tujuannya. Tasybih berdasarkan adat tasybih ada 1 macam yakni tasybih mursal yang terdiri dari 19 tasybih. Tasybih berdasarkan wajh as-syibah terbagi menjadi 4 macam yakni tasybih mujmal terdiri dari 3 tasybih, tasybih mufashal terdiri dari 14 tasybih, tasybih tamtsil terdiri dari 6 tasybih. Tasybih berdasarkan maksud dan tujuannya ada 1 macam yakni tasybih maqbul yang terdiri dari 5 tasybih. Sedangkan tujuan tasybih terbagi atas 5 tujuan yaitu kashaf al-musaabah terdapat 6, bayan miqdar hal al-musyabbah terdapat 6, bayan imkan wujud al-musyabbah terdapat 1, tazyiin al-musyabbah terdapat 4, dan taswih al-musyabbah terdapat 1.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nihayati, Tiara Evitiara.evi2603@gmail.comA91215139
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAtiq, Muhammad RomdhonUNSPECIFIED19671221995031001
Subjects: Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: Tasybih dan Tujuannya dalam sya’ir “Aku Bersaksi Tiada Perempuan Selain Engkau” Nizar Qabani
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Niahayati Tiara Evi
Date Deposited: 16 Aug 2019 02:38
Last Modified: 16 Aug 2019 02:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35080

Actions (login required)

View Item View Item