Program parenting dalam meningkatkan kedisiplinan siswa (studi kasus mi bahjatussibyan besuk Probolinggo dan sd islam al-amanah Besuki Situbondo)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Basuni, Hasan (2019) Program parenting dalam meningkatkan kedisiplinan siswa (studi kasus mi bahjatussibyan besuk Probolinggo dan sd islam al-amanah Besuki Situbondo). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hasan Basuni_F12316229.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang program parenting dalam meningkatkan kedisiplinan siswa (studi kasus di MI Bahjatussibyan Besuk Probolinggo dan SD Islam al-Amanah Besuki Situbondo). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana program parenting yang diterapkan, implementasi program parenting dan faktor yang mendukung serta menghambat terlaksananya program parenting.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode penelitian studi kasus di MI Bahjatussibyan Besuk Probolinggo dan SD Islam al-Amanah Besuki Situbondo. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai Program parenting dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MI Bahjatussibyan Besuk Probolinggo dan SD Islam al-Amanah Besuki Situbondo hampir sama, yaitu program parenting diperuntukkan untuk wali murid sebagai alat pelatihan mengembangkan, mengasah, dan memberi wawasan baru dalam ruang lingkup cara mendidik anak dengan baik dan benar dengan menggunakan metode seminar. Dampak implementasi Program parenting yang diadakan di MI Bahjatussibyan Besuk Probolinggo dan SD Islam al-Amanah Besuki Situbondo memberikan perubahan yang baik dalam pola asuh orangtua terhadap anak-anaknya, orangtua lebih mengerti tentang cara mendidik dan mendisiplikan anak-anaknya, sehingga kedisiplinan anak meningkat, baik disiplin terhadap waktu belajar dan disiplin terhadap tata tertib yg ada di sekolah.Ada beberapa faktor yang mendukung dan menghambat terlaksananya Program parenting yang diadakan di MI Bahjatussibyan Besuk Probolinggo dan SD Islam al-Amanah Besuki Situbondo, diantaranya adalah adanya hubungan yang baik antara sekolah dengan wali murid, narasumber yang sudah berkompeten dalam materi parenting serta menjadi motivator yang baik bagi wali murid, materi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan wali murid. Sedangkan faktor penghambatnya diantaranya adalah persiapan yang kurang maksimal sehingga sosialisasi tentang program parenting kepada wali murid masih kurang sehingga tidak semua wali murid berpartisipasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Basuni, Hasanbasuni9691@gmail.comF12316229
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, MukhoiyarohUNSPECIFIED197304092005012002
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Program parenting ; meningkatkan kedisiplinan siswa
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Basuni Hasan
Date Deposited: 15 Aug 2019 03:06
Last Modified: 15 Aug 2019 03:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35072

Actions (login required)

View Item View Item