Revitalisasi pemahaman hadis di Jawa Timur-Indonesia: kajian terhadap hadis-hadis relasional perspektif hermeneutika resiprokal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nikmah, Shofiatun (2019) Revitalisasi pemahaman hadis di Jawa Timur-Indonesia: kajian terhadap hadis-hadis relasional perspektif hermeneutika resiprokal. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofiatun Nikmah_F52817248.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pemahaman hadis di Indonesia memiliki problematis tersendiri bagi perkembangan sosial keagamaan di masyarakat.Hal ini disebabkan banyaknya pemahaman yang masih berpaku pada literal-tesktualis.Kajian hadis di berbagai media lebih dominan diwarnai oleh kelompok modernist scripturalism yang memahami hadis dengan literal-tesktualis.Akibatnya perkembangan pemahaman hadis justru mengalami distorsi makna. Bertolak dari latar belakang diatas, penelitian ini menggunakan sekaligus menguji teori Hermeneutika Resiprokal sebagai teori pembacaan teks. Teks yang diberlakukan dalam penelitian ini adalah teks hadis yang mengangkat isu relasi sosial. Teks hadis yang dikaji antara lain hadis yang menjelaskan relasi antara suami-istri, orangtua-anak dan pemimpin-rakyat. Tiga bentuk relasi ini menjadi role yang menjadi barometer dalam pembacaan teks relasional lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang datanya bersumber dari kepustakaan (library research).Untuk mendapatkan pembacaan teks yang berprinsip pada kesalingan dan kerjasama, menggunakan teori sosio-historis dengan pendekatan hermeneutika resiprokal.Dengan menggunakan pendekatan diatas, penulis mendapatkan beberapa kesimpulan. Pertama, teks relasional dapat dipahami menggunakan teori Hermeneutika Resiprokal dengan tetap menggunakan alat bantupembacaan teks ulama-ulama konservatif dan kelompok sosio-historis. Kedua, hermeneutika resiprokal menekankan pada pemahaman takwil dibanding pemahaman tafsir,sehingga kerja interpretasi teks tidak dapat dilakukan secara tekstualis dan kaku.Ketiga, pembacaan hadia menggunakan teori Hermeneutika Resiprokal tidak dapat diaplikasikan kedalam seluruh teks secara metodis, kecuali menggunakan prinsipnya dalam seluruh pembacaan teks.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nikmah, Shofiatunshofiaelmizan30@gmail.comF52817248
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorNikmah, Shofiatunshofiaelmizan30@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Divisions: Program Magister > Ilmu Hadis
Depositing User: Nikmah Shofiatun
Date Deposited: 14 Aug 2019 08:54
Last Modified: 14 Aug 2019 08:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35058

Actions (login required)

View Item View Item