Implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahfiz al-Qur'an (Studi Multikasus di TK Khairunnas Nurul Hayat Surabaya dan SMP Khairunnas Nurul Hayat Tuban)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Atik Murobbiyatul Wardah, Atik (2019) Implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahfiz al-Qur'an (Studi Multikasus di TK Khairunnas Nurul Hayat Surabaya dan SMP Khairunnas Nurul Hayat Tuban). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atik Murobbiyatul Mardah_F12316222 .pdf

Download (1MB)

Abstract

Al-Qur’an al-Karim merupakan sumber rujukan utama yang menempati posisi sentral bagi seluruh disiplin ilmu keislaman. Kitab suci tersebut, disamping menjadi petunjuk, juga menjadi penjelasan bagi petunjuk-petunjuk tersebut serta menjadi tolok ukur pemisah antara yang benar dan yang salah. Dalam pembelajaran al-Qur’an, metode talaqqi@ adalah metode yang paling tepat bahkan wajib. Hal ini khususnya dalam pembelajaran membaca dan menghafal al-Quran. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode talaqqi@ dalam pembelajaran tah}fi@z} al-Qur’an, untuk mengetahui dampak implementasi metode talaqqi@ terhadap tah}fi@z} al-Qur’an dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pembelajaran tah}fi@z} al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan di TK Khairunnas Yayasan Nurul Hayat yang berada di kota Surabaya dan SMP Khairunnas Yayasan Nurul Hayat yang berada di kabupaten Tuban. Kedua sekolah ini menggunakan metode talaqqi@ dalam mengimplementasikan pembelajaran tah}fi@z} al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi multikasus. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi / menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tah}fi@z} al-Qur’an dengan menggunakan metode talaqqi@ di kedua sekolah ini terbilang sangat bagus. Karena rata-rata siswa mampu menyelesaikan target hafalan yang ditentukan oleh sekolah, yaitu target 1 juz (30) untuk jenjang TK selama 2 tahun, dan target 6 juz (30, 29, 1, 2, 3, dan 4) untuk jenjang SMP selama 3 tahun. Bahkan ada juga yang melebihi target dari tersebut. Hal itu dapat dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang diperoleh siswa SMP dalam mengikuti perlombaan MHQ dan MTQ.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Atik Murobbiyatul Wardah, Atikatikmurobbiyatul@gmail.comF12316222
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDr. H. Saiful Jazil, M.Ag, JazilUNSPECIFIED196912121993031003
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Implementasi Metode Talaqqi
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wardah Atik Murobbiyatul
Date Deposited: 15 Aug 2019 02:30
Last Modified: 15 Aug 2019 02:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35044

Actions (login required)

View Item View Item