Kewirausahaan Muslim Pemuda Tahun 2017 di Kabupaten Lamongan: Studi Optimalisasi Program Wirausaha Muda Pemula

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadli, Ricki (2019) Kewirausahaan Muslim Pemuda Tahun 2017 di Kabupaten Lamongan: Studi Optimalisasi Program Wirausaha Muda Pemula. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ricki Fadli_F52917022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah, yang terdiri dari: 1) Apa saja program Wirausaha Muda Pemula pemuda tahun 2017 di Kabupaten Lamongan?; 2) Bagaimana pelaksanaan program Wirausaha Muda Pemula melalui kewirausahaan muslim pemuda tahun 2017 di Kabupaten Lamongan?; dan 3) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat program Wirausaha Muda Pemula melalui kewirausahaan muslim pemuda tahun 2017 di Kabupaten Lamongan?Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang bersumber dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari teknik tersebut peneliti bisa memadukan antara fakta dan data untuk mendeskripsikan mengenai bidang usaha yang ditekuni pemuda, pelaksanaan serta faktor penunjang dan pendukung program Wirausaha Muda Pemula melalui kewirausahaan muslim pemuda tahun 2017 di Kabupaten Lamongan, sekaligus untuk menjelaskan dan menjawab rumusan masalah yang sudah ditentukan sebelumnya.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program Wirausaha Muda Pemula merupakan program bantuan kewirausahaan bagi pemuda seluruh Indonesia yang dimotori Kementerian Pemuda dan Olah Raga. Pada tahun 2017, sebanyak 28 orang pemuda di Kabupaten Lamongan memperoleh dana bantuan program ini dengan bidang-bidang usaha yang ditekuni, meliputi: budi daya ikan lele, peternakan kelinci, budi daya bebek pedaging, toko beras organik dan usaha percetakan. Pelaksanaan program Wirausaha Muda Pemula pada kewirausahaan muslim pemuda tahun 2017 di Kabupaten Lamongan sudah dijalankan secara optimal oleh pengusaha muda pemula. Selain memiliki kemauan keras, berkeyakinan kuat atas kekuatan pribadi, kepercayaan pada diri sendiri, pemahaman tujuan dan kebutuhan, serta kejujuran dan rasa tanggung jawab yang tinggi dalam menjalankan usaha juga bermanfaat bagi kelangsungan hidup para pemuda. Faktor penunjang program Wirausaha Muda Pemula tahun 2017 di Kabupaten Lamongan, yaitu adanya kemampuan dan kemauan, tekad yang kuat dan kerja keras, kesempatan dan peluang, perencanaan dan administrasi, catatan bisnis, lokasi dan kualitas produk, serta hubungan dengan pemasok dan distributor dalam menjalankan usaha juga bermanfaat bagi kelangsungan hidup para pemuda. Sedangkan faktor penghambat yang dialaminya para wirausahawan muda pemula ini karena tidak melakukan riset dan analisis pasar, lokasi yang kurang memadai, kurangnya pengawasan peralatan, dan ketidakmampuan melakukan peralihan kewirausahaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadli, Rickikangrickifadli@gmail.comF52917022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuis, Suissuisabdullah@yahoo.com196201011997031002
Subjects: Pemuda Islam
Wirausaha
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Fadli Ricki
Date Deposited: 14 Aug 2019 08:13
Last Modified: 14 Aug 2019 08:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35041

Actions (login required)

View Item View Item