Dakwah melalui Vlog: analisis pesan dakwah ajakan berkerudung pada Vlog Gita Savitri Devi "Kok Malah Pake Kerudung?!"

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cita, Nurus Safitri Farikha (2019) Dakwah melalui Vlog: analisis pesan dakwah ajakan berkerudung pada Vlog Gita Savitri Devi "Kok Malah Pake Kerudung?!". Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurus Safitri Farikha Cita_B91215068.pdf

Download (2MB)

Abstract

Vlog merupakan salah satu konten yang paling dominan yang ada di YouTube. Teknik pengambilan gambar dan penyuntingan gambar vlog relatif mudah membuat para pengguna YouTube memilih vlog sebagai konten utama pada kanal mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pesan dakwah ajakan berkerudung yang ada didalam Vlog Gita Savitri Devi “Kok Malah Pake Kerudung?!” Jenis penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah kualitatif deskriptif non kancah. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. Sedangkan penelitian deskriptif adalah suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena, baik alamiah maupun rekayasa manusia. Pendekatan penelitian yang digunakan pada skripsi ini yaitu analisis wacana (discourse analysis) model Teun A. Van Dijk dengan menganalisis struktur tematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik, dan retoris. Hasil yang didapat dari mengamati 6 elemen mendapatkan hasil terdapat pesan dakwah aqidah dalam struktur tematik, pesan dakwah syariah dalam struktur skematik, pesan dakwah aqidah pada struktur semantik dan sintaksis, serta pesan dakwah akhlak pada struktur stilistik dan retoris. Penggunaan vlog sebagai media dakwah membuktikan bahwa dakwah tidak hanya dilakukan di depan mimbar namun dapat dilakukan dimana saja bahkan dengan cara yang santai. Penyampaian vlog seperti ini membuat kesan lebih akrab dengan audiens karena isinya yang ringan seperti memuat tentang cerita sehari-hari, namun tetap bisa membuat orang tertarik untuk berdiskusi. Peneliti merekomendasikan penelitian selanjutnya mungkin dapat melakukan penelitian dakwah melalui vlog dengan menganalisis aspek sosio-linguistik karena pemakaian bahasa sehari-hari didalam vlog menarik untuk diteliti lebih dalam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cita, Nurus Safitri Farikhansfcita@gmail.comB91215068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihanantoprih4n4nto@gmail.com196812301993031003
Subjects: Media Massa
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Cita Nurus Safitri Farikha
Date Deposited: 15 Aug 2019 06:22
Last Modified: 15 Aug 2019 06:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35034

Actions (login required)

View Item View Item