Pendidikan Kepemimpinan: Studi Kasus di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bahri, Rosidi (2019) Pendidikan Kepemimpinan: Studi Kasus di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rosidi Bahri_F52917023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini akan menjawab pertanyaan mendasar. Bagaimana konsep pendidikan kepemimpinan di Pondok Pesantren Annuqayah, Guluk-Guluk, Sumenep?. Bagaimana penerapan konsep pendidikan kepemimpinan di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk, Sumenep?. Bagaimana implilkasi penerapan konsep pendidikan kepemimpinan di Pondok Pesantren Annuqayah?. Meneliti pendidikan kepemimpinan di Pondok Pesantren Annuqayah, sangat menarik. Karena dari pesantren lahir pemimpin-pemimpin yang cukup mewarnai sosial, politik, dan agama secara khusus di kabupaten Sumenep. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (feild research) yang bersifat kualitatif-lapangan. Data yang diperoleh dengan melakukan pengumpulan data (primer) dan pendukung (sekunder) dengan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap sample objek penelitian, kemudian akan dianalisis dengan menggunakan analisis data Miles dan Huberman, yang meliputi Reduksi Data (Reduction), Penyajian Data (Display), dan Verifikasi Data (Varivication/ Conclusion). Hasil penelitian ini menyimpulkan Konsep pendidikan kepemimpinan di Pondok Pesantren Annuqayah berdasar dan berlandaskan nilai-nilai pendidikan kepesantrenan yang meliputi tawakal, ikhlas, kejujuran, dan kebarokahan. Selain itu pendidikan kepemimpinan Pondok Pesantren Annuqayah merupakan impelentasi dari tiga dimensi agama, sosial, dan politik yang menjadi tujuan utama pendidikan di Pondok Pesantren Annuqayah. Hal ini juga pengejawantahan dari penamaan Pondok Pesantren Annuqayah yang diambil dari nama salah satu kitab al-Syuyuti yang memuat 17 disiplin keilmuan. Sehingga dalam sistem pendidikannya, Annuqayah cukup terbuka dan tidak memilah satu disiplin keilmuan saja. Sedangkan penerapan konsep pendidikan kepemimpinan di Pondok Pesantren Annuqayah dilakukan dengan tiga cara: 1. Non formal, yaitu dengan penerapan nilai-nilai pendidikan kepasantrenan. 2. Informal, yaitu dengan kepemimpinan dan keteladan kiai. 3. Formal, yaitu dengan banyak lembaga atau organisasi yang dibentuk untuk mengasah kemampuan kepemimpinan santri Pondok Pesantren Annuqayah. Dari keseluruhan penerapan konsep pendidikan kepemimpinan di atas. Pondok Pesantren Annuqayah sampai saat ini telah menjadi salah satu lembaga pendidikan yang tidak hanya menjadi pusat kajian keislaman tapi juga mampu melahirkan pemimpin-pemimpin yang cukup mewarnai kehidupan sosial, agama dan politik masyarakat di kabaputen Sumenep secara khusus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bahri, Rosidirosidi.bahri92@gmail.comF52917023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, HuseinUNSPECIFIED195601031985031002
Subjects: Pendidikan
Kepemimpinan
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Bahri Rosidi
Date Deposited: 14 Aug 2019 08:29
Last Modified: 14 Aug 2019 08:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35018

Actions (login required)

View Item View Item