إعداد مواد تعليم اللغة العربية على المنهج الدراسي 2013 لترقية مهارة الاستماع لطلاب الفصل السابع بالـمدرسة المتوسطة الأشفية سورابايا : على أسس الثقافة المحلية بطريقة التعلم النشط

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arofat, Khusnul (2019) إعداد مواد تعليم اللغة العربية على المنهج الدراسي 2013 لترقية مهارة الاستماع لطلاب الفصل السابع بالـمدرسة المتوسطة الأشفية سورابايا : على أسس الثقافة المحلية بطريقة التعلم النشط. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khusnul Arofat_F02616135.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak : Bahasa dan Bahan Ajar merupakan dua Hal yang sangat penting dalam sebuah pembelajaran, Bahasa sebagai Alat komunikasi dalam bermasyarakat. Dengan bahasa, orang bias mengutarakan apa yang ada dalam pikirannya. Ada Empat Keterampilan berbahasa : mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Keterampilan mendengar menjadi yang paling utama dalam sebuah pembelajaran, karena mendengar mempunyai peran penting dalam kehidupan kita, dengannya orang dapat berkomunikasi pada tahap awal kehidupan mereka tentang cara memperoleh kosa kata, mempelajari pola kalimat dan struktur, menerima ide dan konsep, dan juga memperoleh keterampilan berbahasa, berbicara, dan menulis lainnya. Adapun kecakapan mendengarkan bahasa Arab untuk siswa kelas VII di MTS Nyai H. Ashfiyah Surabaya, salah satu masalah yang peneliti rasakan ketika mengajar di sekolah itu. Mereka tidak terbiasa mendengarkan bahasa Arab, baik dari penutur asli atau non-pribumi, baik dari internet atau dari kaset, dan karena sekolah tidak memiliki lingkungan berbahasa Arab. Mereka tidak terbiasa mendengarkan bahasa Arab. Berdasarkan hal di atas, peneliti Mengembangkan materi pendidikan bahasa Arab pada kurikulum 2013 untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan, solusi untuk masalah yang disebutkan. Dan Berdasarkan perbandingan antara hasil Uji Tes Sebelum dan Sesudah dari Kelas kontrol dan kelas pengalaman, peneliti mengetahui bahwa buku yang dikembangkan dalam bahasa Arab untuk keterampilan mendengarkan Efektif untuk meningkatkan efisiensi siswa dalam keterampilan mendengarkan. Hasil perhitungan yang lebih besar dari tabel "T" ditunjukkan di bidang 0,005% dan 1,00%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arofat, KhusnulArafatumarafat@gmail.comF02616135
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorHuda, HisbullahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Materi Pembelajaran; Keterampilan Menyimak
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Arofat Khusnul
Date Deposited: 20 Aug 2019 01:33
Last Modified: 20 Aug 2019 01:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35017

Actions (login required)

View Item View Item