Perspektif Maqasid al Usroh terhadap Praktik Poligami di Bulak Banteng Wetan Kecamatan Kenjeran Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sifa, Melyana (2019) Perspektif Maqasid al Usroh terhadap Praktik Poligami di Bulak Banteng Wetan Kecamatan Kenjeran Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Melyana Sifa_F52917264.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul “Maqa<s{id al-Usroh Terhadap Praktik Poligami di Bulak Banteng Wetan Kecamatan Kejeran Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tiga pertanyaan. Pertama, Bagaimana konsep praktik poligami di Bulak Banteng Wetan Kecamatan Kenjeran Surabaya. Kedua, Bagaimana faktor yang melatarbelakangi perkawinan poligami di Bulak Banteng Wetan Kecamatan Kenjeran Surabaya. Ketiga, Bagaimana Perspektif maqasid al-usroh terhadap praktik perkawinan poligami di Bulak Banteng Wetan Kecamatan Kenjeran Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat observasi karena data yang digunakan dalam penelitian ini, diperoleh dari pihal Pelaku Poligami Bulak Banteng Wetan Kecamatan Kenjeran Surabaya melalui proses dokumentasi dan interview. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Setelah data terkumpul, maka selanjutnya dianalisis secara kualitatif dengan pola induktif, yakni data yang diperoleh dari ketiga keluarga poligami di Bulak Banteng Wetan Kecamatan Kenjeran Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa; pertama, pada perkawinan poligami informan, terungkap bahwa jumlah istri lebih dari satu, anak-anak bawaan pasangan, menjadikan perkawinan poligami lebih kompleks. Walaupun demikian tidak selalu poligami dipenuhi konflik. Diakui oleh para informan bahwa perkawinan poligaminya sepi dari konflik. Kedua, faktor yang melatarbelakangi adalah faktor kebutuhan sosial keluarga, faktor biologis, faktor keagamaan, faktor pendidikan, dan faktor sosial budaya. Ketiga, jika dilihat dari perspektif Maqa<s{id al-Usroh, maka hal yang paling pokok dalam program ini yaitu terkait dengan menciptakan keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah. Yang dimaksud sakinah dalam poligami adalah adil dalam bentuk material seperti sandang, pangan, papan, waktu bergilir, dan perhatian. Sedangkan mawaddah adalah bentuk rasa cinta antara suami dan istri-istri. dan rahmah kasih sayang atau belas kasihan kepada seluruh anggota keluarga. Berdasarkan hasil penelitian diatas, penulis memberikan saran-saran sebagai berikut: 1) Hendaknya seorang suami memiliki pengetahuan dan wawasan luas dalam masalah perkawinan, khususnya dalam etika poligami dan prosedur sebelum melakukan poligami. 2) Kepada seluruh masyarakat Bulak Banteng Wetan Kecamatan Kenjeran Surabaya hendaknya mempertimbangkan dan berfikir secara matang sebelum mengambil keputusan berpoligami. Untuk menghidari konflik atau problem-problem yang muncul, terutama bagi mereka yang merasa tidak mampu untuk berbuat adil terhadap istri-istri yang dapat mengusik ketenangan batin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sifa, Melyanamelyanasifa9@gmail.comF52917264
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMawardi, Ahmad ImamUNSPECIFIED197008201994031001
Subjects: Poligami
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Sifa Melyana
Date Deposited: 15 Aug 2019 02:04
Last Modified: 15 Aug 2019 02:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35003

Actions (login required)

View Item View Item