Pemberdayaan Masyarakat dalam Peningkatan Ekonomi Melalui Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) di Desa Sumbermiri Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qomariyah, Nurul (2019) Pemberdayaan Masyarakat dalam Peningkatan Ekonomi Melalui Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) di Desa Sumbermiri Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Qomariyah_B02215017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam pendampingan ini berfokus pada potensi-potensi hasil hutan bukan kayu (HHBK) di Desa Sumbemriri, pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan ekonomi melalui pemanfaatan hasil hutan bukan kayu (HHBK) dan relevansi pemberdayaan ekonomi melalui hasil hutan bukan kayu (HHBK) di Desa Sumbermiri dengan dakwah pengembangan masyarakat Islam. Pendampingan ini menggunakan pendekatan metode ABCD (Asset Based Community Development) dengan melibatkan masyarakat sebagai subyek utama untuk mencapai suatu perubahan perekonomian masyarakat secara partisipatif. Dengan langkah-langkah pendampingan mulai dari tahap mempelajari scenario, mengungkap masa lampau (discovery), memimpikan masa depan (dream), merencanakan aksi (design), proses aksi partisipatif (define), hingga memonitoring dan evaluasi program (destiny). Setelah menemukan potensi dan aset dari masyarakat yang diimpikan dan diharapkan masyarakat adalah dapat menciptakan perubahan-perubahan ekonomi dengan peningkatan ekonomi melalui aneka olahan makanan dari hasil hutan bukan kayu yang ada di hutan daerah kawasan Desa Sumbermiri. Aksi yang dilakukan masyarakat adalah dengan menemukan inovasi-inovasi baru tentang produk aneka olahan makanan dari hasil hutan bukan kayu menjadi camilan atau makanan dan dengan harapan dapat diterima oleh masyarakat luas dan bisa diterima oleh semua kalangan masyarakat. Pendaamping menggunakan penelitian yang berbasis aset guna untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dalam hal memanfaatkan skill, potensi dan kekuatan yang dimiliki oleh masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qomariyah, Nurulqomariyahnurul576@gmail.comB02215017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Moh.anshormoh75@gmail.com197508182000031002
Subjects: Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Pemberdayaan Masyarakat: Ekonomi Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Qomariyah Nurul
Date Deposited: 16 Aug 2019 08:59
Last Modified: 16 Aug 2019 08:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34987

Actions (login required)

View Item View Item