Membangun kemandirian ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan buah lokal di Dusun Cabean Desa Ngemboh Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidah, Feny Inayatur (2019) Membangun kemandirian ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan buah lokal di Dusun Cabean Desa Ngemboh Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Feny Inayatur Rosyidah_B92215070.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang membangun kemandirian ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan buah lokal di Dusun Cabean Desa Ngemboh Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Proses pendampingan ini dilakukan dengan cara memanfaatkan aset buah lokal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang efektif dalam membangun kemandirian ekonomi berbasis potensi buah lokal masyarakat di Dusun Cabean, serta mengetahui relevansi membangun kemandirian ekonomi masyarakat dengan dakwah pengembangan masyarakat Islam. Penelitian ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Devlopment). ABCD merupakan pendekatan dalam memanfaatkan aset/kekuatan. Proses penelitian ini dilaksanakan dengan menggali aset dan potensi bersama masyarakat. Proses ini dimulai dengan inkulturasi, menemukenali aset, membentuk kelompok, dengan menggunakan teknik 5-D yaitu discovery, dream, design, define, dan destiny, sehingga dapat membentuk strategi sebagai program aksi. Banyaknya aset dan potensi yang dimiliki masyarakat peneliti malakukan pendampingan melalui pengelolaan buah lokal yang ada di Dusun Cabean. Pendampingan ini diikuti oleh ibu-ibu anggota kelompok fatayat Dusun Cabean. Ibu-ibu sangat antusias dalam melakukan kegiatan tersebut, mulai dari proses pendekatan hingga evaluasi program. Perubahan yang terjadi setelah adanya proses pendampingan adalah adanya pendidikan dan pelatihan, penguatan kelembagaan organisasi fatayat, masyarakat dapat membuka akses dan jejaring sosial media, adanya advokasi kebijakan dari pemerintah desa. Relevansi proses pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan dakwah pengembangan masyarakat Islam adalah tuhan telah memberikan anugrah kepada manusia berupa aset-aset alam yang banyak, maka manusia hendaklah dapat memanfaatkan aset tersebut dengan baik. Kemudian dalam pemberdayaan ini mampu untuk melakukan perubahan sosial masyarakat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidah, Feny InayaturFenyinaya5@gmail.comB92215070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Moh.UNSPECIFIED197508182000031002
Subjects: Buah-buahan
Ekonomi
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Buah Lokal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rosyidah Feny Inayatur
Date Deposited: 16 Aug 2019 02:00
Last Modified: 16 Aug 2019 02:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34982

Actions (login required)

View Item View Item