Wacana Moderatisme Islam dalam konstruksi media online: analisis perbandingan pada situs online Eramuslim.com dan Arrahmah.co.id

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nugraha, Faisal (2019) Wacana Moderatisme Islam dalam konstruksi media online: analisis perbandingan pada situs online Eramuslim.com dan Arrahmah.co.id. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faisal Nugraha_E01215007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk membahas dan menganalisis wacana moderatisme Islam di media online. Moderatisme Islam atau Islam moderat yang dianggap sebagai solusi atas gerakan radikalisme dan ekstremisme menjadi perebutan istilah bagi kelompok tertentu dengan memakai dan memaknai Islam moderat sesuai dengan kepentinganya masing-masing. Penulis mengkaji wacana Islam moderat yang dikonstruksi oleh media online yakni eramuslim.com dan arrahamah.co.id, dengan rumusan masalah, bagaimana profil situs eramuslim.com dan arrahmah.co.id? bagaimana wacana moderatisme Islam yang dikonstruksi pada situs eramuslim.com dan arrahamah.co.id? dan bagaimana perbandingan wacana moderatisme Islam dalam situs eramuslim.com dan arrahmah.co.id? penelitian ini menggunakan pendekatan analisis wacana kualitatif, dengan memakai metode analisis wacana model Teun Van Dijk. Analisis wacana ini digunakan untuk membedah secara menyeluruh bagaimana kedua situs online tersebut mengkonstruksi wacana Islam moderat. Berdasarkan gambaran hasil penelitian yang diperoleh, kedua situs mengkonstruksi wacana Islam moderat dengan karakteristik pemaknaan yang berbeda. Wacana Islam moderat yang dikonstruksi dalam situs eramuslim.com mengarah pada penolakan terhadap wacana Islam moderat yang berkembang di masyarakat. Eramuslim.com memaknai Islam moderat seperti yang didefinisikan oleh sarjana Barat pada umumnya. Selain itu, wacana Islam moderat juga dianggap sebagai upaya politik Barat untuk mendukung Barat dan melemahkan dunia Islam serta memecah persatuan Umat. Sedangkan arrahamah.co.id memandang wacana Islam moderat sebagai upaya untuk menanggapi gerakan radikalisme atau ekstremisme yang terjadi. Islam moderat dimaknai sebagai Islam wasatiyyah dan identik dengan Islam nusantara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nugraha, Faisalfaisol.nugraha@gmail.comE01215007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSuhermanto, SuhermantoUNSPECIFIED196708201995031001
Thesis advisorUmam, Muchammad HelmiUNSPECIFIED197905042009011010
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Filsafat > Filsafat Agama
Internet
Uncontrolled Keywords: Moderatisme Islam; Eramuslim.com; Arrahmah.co.id
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Faisal Nugraha
Date Deposited: 21 Aug 2019 07:01
Last Modified: 21 Aug 2019 07:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34978

Actions (login required)

View Item View Item