Peningkatan hasil belajar sejarah kebudayaan Islam materi Umar bin Khattab sang pemberani menggunakan strategi True or False Kelas V mi NU Waru II Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Janah, Lilik Nur (2019) Peningkatan hasil belajar sejarah kebudayaan Islam materi Umar bin Khattab sang pemberani menggunakan strategi True or False Kelas V mi NU Waru II Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lilik Nur Janah_D97215062.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena pembelajaran di kelas masih tergolong teacher center. Sebelumnya guru belum pernah menggunakan strategi apapun saat mengajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Guru lebih sering meminta siswa untuk membaca buku LKS dalam waktu yang lama, kemudian guru menjelaskan materi dengan posisi duduk. Sehingga ketika siswa kurang antusias saat mengikuti pembelajaran. Permasalahan tersebut berpengaruh pada nilai hasil belajar siswa yang pada pembelajaran sebelumnya ketuntasan belajarnya sebesar 33,33%. Oleh karena itu peneliti melakukan usaha perbaikan melalui penelitian tindakan kelas menggunakan strategi true or false. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi true or false dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Umar Bin Khattab Sang Pemberani pada siswa kelas V MINU WARU II Sidoarjo?. 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi materi Umar Bin Khattab Sang Pemberani setelah diterapkan strategi true or false pada siswa kelas V MINU WARU II Sidoarjo? Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V MI NU Waru II Sidoarjo yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaa, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara, pengamatan, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi true or false pada materi Umar Bin Khattab Sang Pemberani berjalan dengan baik. Hasil tiap siklus mengalami kenaikan pada aktivitas guru dan siswa. Perolehan nilai aktivitas guru pada siklus I yaitu 82,75 (Baik) dan meningkat menjadi 95,53 (Sangat Baik). Hasil nilai aktivitas siswa pada siklus I yaitu 78,12 (Cukup) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 94,31 (Sangat Baik). 2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah melakukan pembelajaran menggunakan strategi true or false. Hasil pra siklus, nilai rata-rata siswa sebesar 72,11 dengan persentase keberhasilan siswa 33,33% (Kurang), meningkat pada siklus I menjadi 73,74 dengan persentase keberhasilan siswa 55,55% (Kurang). Kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II sehingga rat-rata meningkat menjadi 87,74 (Sangat Baik) dengan persentase keberhasilan sebesar 92,59% (Sangat Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Janah, Lilik Nurliliknurjanah09@gmail.comD97215062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, MunawirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorNadlir, NadlirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Janah Lilik Nur
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:11
Last Modified: 14 Aug 2019 07:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34967

Actions (login required)

View Item View Item