Pengorganisasian Masyarakat melalui Pemanfaatan Lahan Pekarangan menuju Kampung Herbal di Desa Sukolelo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisak, Luluk Nur Sayidatin (2019) Pengorganisasian Masyarakat melalui Pemanfaatan Lahan Pekarangan menuju Kampung Herbal di Desa Sukolelo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luluk Nur Sayidatin Nisak_B02215011.pdf

Download (7MB)

Abstract

Perubahan sosial selalu diawali dari tindakan sosial yang ada ditengah-tengan kerumunan sosial itu sendiri. Mereka yang mempunyai potensi seperti masyarakat di Dusun Sukolelo Desa Sukolelo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Mempunyai potensi sumber daya alam yang melimpah seperti air, sawah, tegalan, lahan pekarangan dan vegetasi yang tumbuh didaerah sekitarnya menjadi aset bagi masyarakat. Dengan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) peneliti mencoba mengkaji tentang tidakan sosial melalui pengembangan aset yang berada kawasan fokus penelitian, Dalam mengutamakan pemanfaatan aset dan potensi yang dimiliki masyarakat, sebagai bahan pemberdayaan dalam melakukan proses perubahan sosial, peneliti melakukan melalui langkah 5-D dalam Apreciative Inquairy dengan menemukenali dan mengungkap aset atau potensi (Discovery), membangun mimpi (Dream), merancang dan menyusun strategi dari mimpi yang sudah dibangun (Design), selanjutnya melakukan aksi partisipatif dari strategi yang dirancang (Define), sampai melakukan monitoring dan evaluasi (Destiny). Strategi yang digunakan untuk memanfaatkan lahan pekarangan yakni masyarakat dan peneliti bersama-sama melaksanakan kegiatan menanam tanaman obat keluarga, membangun kebun koleksi tanaman obat keluarga, membuat produk olahan tanaman obat keluarga dan belajar kepariwisataan dari lembaga pariwisata atau komunitas pariwisata selama kurang lebih 7 bulan mulai dari bulan januari sampai juli 2019. Dan kegiatan ini akan tetap berlangsung sesuai kebutuhan masyarakat. Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat setelah adanya pendampingan ini adalah munculnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya potensi alam pemanfaatan lahan pekarangan yang dimiliki, serta peluang usaha melalui pengolahan tanaman yang ada di lahan pekarangan untuk dijadikan produk sampai pengolah mendapatkan pemasukan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat, serta membuat masyarakat lebih semangat dalam belajar dan berkembang. Melalui tanaman obat keluarga gerakan membangun Desa ini dimulai dan terus dikawal dengan harapan yang ingin dicapai secara jelas. Monitoring dan evaluasi terus dilaksanakan tiap minggu dengan partisipasi tokoh masyarakat, warga, ibu-ibu dan pemuda sebagai generasi penerus Desa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisak, Luluk Nur Sayidatinluluknsn@gmail.comB02215011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahriesdyah@gmail.com197804192008012014
Subjects: Wirausaha
Keywords: Pengorganisasian; masyarakat; pemanfaatan lahan pekarangan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nisak Luluk Nur Sayidatin
Date Deposited: 14 Aug 2019 08:33
Last Modified: 14 Aug 2019 08:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34947

Actions (login required)

View Item View Item