Peran Kiai Abdul Aziz Masyhuri dalam Kodifikasi Kitab Ahkam al Fukoha

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hannan, Hannan (2019) Peran Kiai Abdul Aziz Masyhuri dalam Kodifikasi Kitab Ahkam al Fukoha. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hannan_F02917259.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kiai Abdul Aziz Masyhuri dalam kodifikasi kitab Ahkam al-Fuqoha sangat relatif berpengaruh terhadap masyarakat dan santrinya dalam memberi dorongan untuk belajar menulis dan berkarya sehingga membuahkan hasil yang nyata yang berupa karya tulis. Dalam penelitian ini, penelitian meneliti peran seorang kiai yaitu kiai Abdul Aziz Masyhuri Denanyar Jombang, disini ada tantangan tersendiri buat kiai Abdul Aziz dalam kodifikasi kitab Ahkam al-Fuqoha untuk menyelaraskan dengan kondisi kiai Abdul Aziz selaku kiai yang menuntut untuk berdakwah melalui karya tulis yang mana butuh perhatian yang ekstra. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: 1) Bagaimana biografi kiai Abdul Aziz Masyhuri Denanyar Jombang? 2) Bagaimana latar belakang kegiatan kodifikasi dokumentasi hasil bahtsu al-Masa’il yang dilakukan oleh kiai Abdul Aziz Masyhuri? 3) Bagaimana peran kiai Abdul Aziz Masyhuri dalam kodifikasi kitab Ahkam al-Fuqoha? Jenis metode penelitian yang di gunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik tersebut peneliti bisa meyelaraskan antara fakta dan data untuk menggambarkan peran kiai Abdul Aziz Masyhuri, selanjutnya mampu menjawab dan memaparkan rumusan masalah di atas. Hasil penelitian membuktikan, kiai Abdul Aziz Masyhuri bisa menunjukkan bahwa kiai Abdul Aziz Masyhuri juga sanggup menjalankan peran seorang kiai yang dituntut untuk berkarya dan telaten dalam menulis. Kiai Abdul Aziz Masyhuri mampu memaksimalkan kemampuannya dan potensinya untuk masyarakat dalam bentuk karya tulis dan memberi dorongan, motivasi kepada santri-santrinya, terutama membangkitkan semangat berkarya menulis dengan bentuk karya yang nyata yaitu kitab Ahkam al-Fuqoha. Selain itu dibutuhkan pemerintah ikut andil dalam pengembangan minat tulis masyarakat dan santri dengan menyediakan tempat dan pelatihan terhadap santri, khususnya kepada Pondok Pesantren al-Aziziyah Denanyar Jombang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hannan, Hannanhannangalisan@gmail.comF02917259
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukarrom, AhwanUNSPECIFIED1952120619810311002
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dirasah Islamiyah
Ulama
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Hannan Hannan
Date Deposited: 14 Aug 2019 06:41
Last Modified: 14 Aug 2019 06:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34942

Actions (login required)

View Item View Item