Studi kritis perbandingan konsep Pendidikan Islam K.H. Hasyim Asy’ari dan K.H. Ahmad Dahlan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febrimardiansyah, Febrimardiansyah (2019) Studi kritis perbandingan konsep Pendidikan Islam K.H. Hasyim Asy’ari dan K.H. Ahmad Dahlan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Febrimardiansyah_F02315056.pdf

Download (2MB)

Abstract

K.H. Hasyim Asy‟ari dan K.H. Ahmad Dahlan adalah dua tokoh besar yang memiliki pengaruh cukup besar di Indonesia. Keduanya juga memberi kontribusibesar dalam pengembangan pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan Islam. Sebagai dua tokoh yang memiliki latar belakang dan gerakan yang berbeda, maka akan didapati adanya perbedaan konsep pendidikan Islam antar keduanya, disamping persamaan. Sehingga dalam penelitian ini, dilakukan studi kritis perbandingan konsep pendidikan Islam K.H Hasyim Asy‟ari dan K.H. Ahmad Dahlan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisi konsep pendidikan Islam K.H Hasyim Asy‟ari dan K.H. Ahmad Dahlan, kemudian mendiskripsikan perbandingan konsep pendidikan antar keduanya, baik persamaan maupun perbedaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggali sumber-sumber kepustuakaan yang dilakukan dalam tiga tahap, yaitu: orientasi, eksplorasi, dan tahap penelitian terfokus. Teknik analisa data meliputi menentukan tema atau pola tertentu, mencari hubungan logis antar pemikiran tokoh sehingga dapat ditemukan alasan mengenai pemikiran tersebut, mengklasifikasi, mencar generalisasi gagasan yang spesifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) K.H. Hasyim Asy‟ari mendirikan dan membina pondok pesantren dan juga memberi pelajaran umum seperti matematika, ilmu bumi, bahasa latin, selain mengajarkan ilmu agama. (2) K.H. Ahmad Dahlan mencoba melakukan terobosan baru dengan membuat sekolah yang mengintegrasikan antara pelajaran agama dan pelajaran umum sekaligus, sehingga diharapkan dapat menjadi “ulama yang intelek dan intelek yang ulama”. (3) kedua tokoh tersebut sama-sama mempunyai peranan penting dalam pengembangan pendidikan Islam di Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febrimardiansyah, FebrimardiansyahFebri.uinsa@gmail.comF02315056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAbdul, HarisUNSPECIFIED196210211992031003
Subjects: Agama
Islam
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: K.H. Hasyim Asy’ari; K.H. Ahmad Dahlan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Febrimardiansyah Febrimardiansyah
Date Deposited: 15 Aug 2019 07:39
Last Modified: 15 Aug 2019 07:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34934

Actions (login required)

View Item View Item