Analisis kualitas produk Tabungan Faedah dan kualitas Pelayanan dalam perspektif Islam terhadap kepuasan Nasabah Bri Syari’ah Kantor Cabang Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Dedek (2019) Analisis kualitas produk Tabungan Faedah dan kualitas Pelayanan dalam perspektif Islam terhadap kepuasan Nasabah Bri Syari’ah Kantor Cabang Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dedek Kurniawan_G94214164.pdf

Download (2MB)

Abstract

Akhir dekade saat ini banyak tumbuhnya Lembaga keuangan khususnya perbankan syariah. Perbankan syariah dituntut sebagaimana dengan fungsinya yaitu menghimpun dana dan menyalurkan dana masyarakat. Akan tetapi, pesatnya pertumbuhan perbankan syariah tidak sejalan dengan pemahaman dan pengetahuan masyarakat mengenai perbankan syariah, tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh dari kualitas produk dan kualitas pelayanan dalam perspektif islam terhadap kepuasan nasabah BRI Syariah KCP Mojokerto. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah merupakan tipe penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yaitu metode kuesioner, dengan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner yang dibagikan kepada nasabah BRI Syari’ah kantor cabang Mojokerto. Metode analisis data adalah analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik serta uji t dan uji f dengan bantuan software SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk tabungan Faedah berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,316 dengan arah positif dan signifikansi 0,002 lebih kecil dari 0,05. begitu juga kualitas pelayanan dalam perspektif Islam berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,175 dengan arah positif dan signifikansi 0,035 lebih kecil dari 0,05. ada pengaruh secara simultan antara kualitas produk tabungan faedah dan kualitas pelayanan dalam perspektif islam terhadap kepuasan nasabah Bank BRI Syariah Cabang Mojokerto. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 8,693 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0.05. Penelitian ini menujukkan bahwa produk tabungan faedah dan pelayanan sangat berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Baik pengaruh secara simultan maupun parsial. Dua variable ini nantinya bisa dikembangan lagi untuk menunjang kepuasan nasabah. Dan pastinya bisa menambah kepercayaan nasabah baik nasabah yang baru maupun nasabah yang sudah lama menggunakan produk dan layanan dari Bank BRI Syari’ah Kancor Cabang Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, Dedekdedikkurniawan695@gmail.comG94214164
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHimami, FatikulUNSPECIFIED198009232009121002
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Kurniawan Dedek
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:28
Last Modified: 04 Dec 2019 08:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34930

Actions (login required)

View Item View Item