Pemberdayaan perempuan buruh tambak di Desa Kalanganyar Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizkiyah, Tri amarta (2019) Pemberdayaan perempuan buruh tambak di Desa Kalanganyar Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tri Amarta Rizkiyah_B02215021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemberdayaan perempuan buruh tambak sebagai bentuk upaya penguatan ekonomi keluarga melalui kemandirian kewirausahaan. Dengan membangun kesadaran, kemauan, serta kemampuan perempuan buruh tambak agar mampu menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai jual tinggi. Penelitian ini fokus pada bagaimana strategi peningkatan kondisi ekonomi buruh tambak melalui pengolahan hasil tambak dan bagaimana dampak pengolahan hasil tambak dalam peningkatan kondisi ekonomi buruh tambak. Pemberdayaan ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) dengan lima tahapan diantaranya yaitu: Discovery, Dream, Design, Define, dan Destiny. Melalui lima tahap tersebut, peneliti mengajak perempuan buruh tambak untuk menemukenali potensi yang mereka miliki. Kemudian mengajak mereka untuk memimpikan apa yang ingin dicapai dimasa mendatang. Perempuan buruh tambak bermimpi ingin memiliki usaha mandiri, untuk mencapai mimpi tersebut peneliti bersama mereka menyusun strategi yang kemudian diimplementasikan dengan uji coba pembuatan kerupuk ikan. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya perubahan pola pikir perempuan buruh tambak, mereka tidak lagi bergantung pada pendapatan suaminya. Meningkatnya kapasitas serta pendapatan buruh tambak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizkiyah, Tri amartatriamarta28@gmail.comB02215021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.id196703251994032002
Subjects: Pemberdayaan
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Pengolahan hasil tambak, pengembangan SDM, penguatan ekonomi keluarga.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rizkiyah Tri Amarta
Date Deposited: 14 Aug 2019 08:25
Last Modified: 14 Aug 2019 08:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34902

Actions (login required)

View Item View Item