Konsep Pendidikan Pernikahan dalam Islam Menurut Kitab ‘Uqud Al-Lujain Karya Syaikh Muhammad Nawawi Bin Umar Al Jawi dan Kitab Irsyadul Zaujain Karya Muhammad Utsman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mutamakkin, Nur (2019) Konsep Pendidikan Pernikahan dalam Islam Menurut Kitab ‘Uqud Al-Lujain Karya Syaikh Muhammad Nawawi Bin Umar Al Jawi dan Kitab Irsyadul Zaujain Karya Muhammad Utsman. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Mutamakkin_F02317097.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pernikahan adalah sebuah ikatan atau perjanjian (akad) perkawinan antara seorang laki-laki dan seorang perempuan yang dilaksanakan sesuai dengan ketentuan hukum negara dan agama. Diantara tujuan pernikahan adalah melestarikan keturunan. Keturunan yang baik kemungkinan besar berasal dari keluarga yang baik pula, namun pada zaman sekarang ini banyak pasangan suami istri yang gagal mewujudkan keluarga yang baik. Kegagalan tersebut dibuktikan dengan angka perceraian yang terus meningkat. Hal ini menyebabkan lingkungan keluarga sebagai lembaga pendidikan pertama yang dilalui anak menjadi kurang maksimal perannya dalam upaya membentuk karakter kepribadian anak. Oleh karenanya, diperlukan pendidikan khusus untuk memberikan wawasan tentang pernikahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap konsep pendidikan pernikahan guna menambah wawasan keilmuan dalam rangka menyiapkan individu-individu supaya mempunyai konsepsi pemikiran, sebagai landasan untuk menjalani kehidupan berumah tangga. Jenis dari penelitian ini ialah penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa kata-kata yang tertulis pada teks naskah kitab ‘Uqud al Lujain dan irsyaduz zaujain serta literatur-literatur lain yang relevan dengan pokok pembahasan, kemudian dianalisis sehingga menjadi sebuah konsepsi dalam pendidikan pernikahan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Konsep pendidikan pernikahan dalam kitab ‘Uqud al Lujain mencakup hubungan antara suami dan istri, yakni: a) kewajiban yang harus dipenuhi suami atas istri. Kewajiban suami meliputi aspek pemenuhan kebutuhan ekonomi, kebutuhan rasa kasih sayang, dan kebutuhan akan ilmu pengetahuan khususnya ilmu agama. b) kewajiban yang harus dipenuhi istri atas suami. Kewajiban istri yang paling utama adalah menjaga kehormatan dirinya dan juga suaminya. Selain itu istri juga wajib taat kepada suaminya, menghormatinya serta melayaninya dengan baik. 2) Konsep pendidikan pernikahan dalam kitab Irsyadul Zaujain mencakup hubungan antara suami dan istri, yakni: a) Saat hendak menikah, suami hendaknya mempertimbangkan 8 kriteria wanita yang akan menjadi istrinya yang dapat membantu pernikahannya menuju keluarga sakinah. b) Etika dan tata cara bersenggama yang baik, mencakup: Etika sebelum bersenggama, etika saat bersenggama dan etika sesudah bersenggama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mutamakkin, Nurmutamakkin2146@gmail.comF02317097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuridamanhuri@mail.com195304101988031001
Subjects: Pendidikan Islam
Perkawinan
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Pernikahan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutamakkin Nur
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:27
Last Modified: 14 Aug 2019 03:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34895

Actions (login required)

View Item View Item