Pengorganisasian komunitas kelompok tani dalam menjaga ekosistem lingkungan melalui pembuatan Pestisida Nabati Di Dusun Pule Desa Pule Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Achdiawan, Hizbi (2019) Pengorganisasian komunitas kelompok tani dalam menjaga ekosistem lingkungan melalui pembuatan Pestisida Nabati Di Dusun Pule Desa Pule Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Hizbi Achdiawan_B92215051_PMI_Watermark.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitihan ini memaparkan tentang realita masyarakat yang berada di Dusun Pule yang mana masyarakatnya matyoritas berprofesi sebagai petani, petani Dusun Pule tidak menerapkan sistem pertanian berkelanjutan karena mayoritas petani, di wilayah tersebut termasuk kecenderungan menggunakan bahan kimiawi yang pada akhirnya akan merusak ekosistem lingkungan sekitar, strategi yang dilakukan di pengorganisasian ini adalah meminimalisir bahan kimiawi dengan cara pembuatan pestisida nabati yang terbuat dari tumbuhan sekitar. Metode yang digunakan dalam penelitihan ini adalah metode PAR (participatory Action Reseach) dengan melibatkan kelompok tani guna untuk merumuskan masalah dan mendiskusikan tentang permasalahan yang ada di lingkungan lebih-lebih pada ekosistem lingkungan yang diakibatkan karena banyaknya pengunaan bahan kimiawi dalam pertanian sampai tahap aksi dan evaluasi progam yang telah dilakukan. Pengorganisasian yang dilakukan oleh peneliti selama dilapangan adalah untuk menyadarkan masyarakat terhadap dampak dari kecenderungan menggunakan bahan kimiawi, cara yang dilakukan peneliti adalah wawancara dengan masyarakat khususnya yang berprofesi sebagai petani, forum-forum kecil yang ada didalam rutinan masyarakat (formal) atau non formal dan belajar bersama membuat pestisida nabati. Perubahan yang terjadi setelah pendampingan adalah petani mengetahui dampak dari kecenderungan menggunakan bahan kimiawi yang nantinya akan merusak ekosistem lingkungan, dan mengetahui bagaimana cara pembuatan pestisida nabati dan apa saja bahan yang dibutuhakan, maka setelah mengetahui hal tersebut petani mulai belajar menggunakan bahan organik hususnya pestisida nabati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Achdiawan, HizbiHizbiachdiawan@gmail.comB92215051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorRahmawati, PudjiUNSPECIFIED196703251994032002
Subjects: Organisasi Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Pengorganisasian, Ekosistem Lingkungan, Pestisida Nabati
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Achdiawan Hizbi
Date Deposited: 14 Aug 2019 08:03
Last Modified: 14 Aug 2019 08:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34894

Actions (login required)

View Item View Item