Peran Pos Pelayanan Terpadu dalam Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja di desa Peterongan Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khabibah, Lutfiana Nizar (2019) Peran Pos Pelayanan Terpadu dalam Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja di desa Peterongan Kabupaten Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lutfiana Nizar Khabibah_F52917011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini hendak mengungkap pola kesehatan reproduksi yang dimiliki remaja di desa Peterongan Kabupaten Jombang, Banyaknya kasus hamil di luar nikah yang memiliki presentase yang besar, dikarenakan banyaknya remaja belum mengetahui bahayanya seks di luar nikah. Penelitian ini di anggap penting karena sebagai bahasan terkecil yang ada di Indonesia mengenai kebutuhan remaja mengenai edukasi kesehatan reproduksi terutama dikalangan remaja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan penelitian lapangan dengan teknik penggalian data wawancara, dokumentasi dan observasi. Data-data tulisan berupa buku, jurnal dan artikel juga menjadi data yang sifatnya sekunde. Data-data tersebut kemudian di dekati dengan pendekatan peneliti menggunakan tindakan manusia dengan teori Fenomenologi Alfred Schutz.
Dari penelitian ini ditemukan bahwa edukasi kesehatan reproduksi di desa Peterongan belum adanya pemerataan sampai tingkat dusun, edukasi yang terjadi pada tingkat desa yang mana remajanya sendiri belum begitu antusias adanya program ini, karena beberapa hal, yang menjadi kendala yang mengakibatkan remaja belum seutuhnya melaksanakan program ini, selain remaja para orang tua dan masyarakat ikutan di dalam program ini. Peran dari masyarakat yaitu sebagai seorang yang mengatur jalanya aturan yang ada di lingkungan kehidupan sehari-hari. Implikasi dalam penelitian ini merupakan kesenjangan masalah dengan realita kehidupan yang ada serta memberikan solusi yang tepat dalam permasalahan mengenai edukasi kesehatan reproduksi.

Kata kunci: Kesehatan Reproduksi, Peran, Posyandu Remaja

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khabibah, Lutfiana Nizarlutfianajoe782@gmail.comF52917011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAswadi, Aswadiaswadi.syuhadak@gmail.com196004121994031001
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Pendidikan
Reproduksi Manusia
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Khabibah Lutfiana Nizar
Date Deposited: 15 Aug 2019 02:09
Last Modified: 15 Aug 2019 02:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34874

Actions (login required)

View Item View Item