Simulasi Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK-EMKM) Pada PT. Ryan Putera Ar-Rizqy

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rusadi, Yumni (2019) Simulasi Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK-EMKM) Pada PT. Ryan Putera Ar-Rizqy. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yumni Rusadi_G02215008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Simulasi Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK-EMKM) pada PT Ryan Putera Ar-Rizqy”. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana siklus pencatatan akuntansi pada PT. Ryan Putera Ar-Rizqy? dan Bagaimana simulasi penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK-EMKM) dalam penyajian laporan keuangan PT. Ryan Putera Ar-Rizqy?. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis pendekatan penelitian study kasus (case study). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif, sehingga memperoleh gambaran mengenai objek secara faktual, akurat, dan sistematis. Hasil penelitian ini adalah dalam hal siklus akuntansi yang ada di PT Ryan Putera Ar-Rizqy memiliki siklus akuntansi yang dimulai dari pencatatan harian terhadap transaksi yang terjadi setiap harinya, selanjutnya pendapatan harian tersebut dikurangi biaya operasional perusahaan setiap harinya, dari dua unsur tersebut nantinya akan dikurangkan dan mendapatkan laba bersih perharinya. Di PT Ryan laba bersih tersebut dijumlahkan untuk mendapatkan laba kotor, kemudian dikurangkan dengan biaya yang dikeluarkan setiap bulannya, seperti sewa garasi dan biaya perawatan armada. Semua siklus tersebut akan menghasilkan laporan laba rugi yang dibuat oleh PT Ryan putera setiap tahunnya untuk mengetahui pendapatan pertahun. Kesimpulannya dari penelitian ini adalah siklus akuntansi yang ada di PT Ryan Putera masih belum sesuai dengan apa yang dijelaskan dalam SAK-EMKM, dan penyusunan dan penyajian laporan keuangan pada PT. Ryan Putera masih belum sesuai dengan SAK-EMKM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rusadi, Yumniyumnirusadi@gmail.comG02215008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorBuchori, ImamUNSPECIFIED19680926000031001
Subjects: Akuntansi
Wirausaha
Keuangan
Uncontrolled Keywords: Akuntansi: SAK-EMKM: SAK
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Rusadi Yumni
Date Deposited: 16 Aug 2019 02:47
Last Modified: 16 Aug 2019 02:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34869

Actions (login required)

View Item View Item