Pesan Dakwah Ustadz Ma’ruf Khozin Tentang Cara Memilih Pasangan Hidup Dalam Program Acara Kiswah Interaktif Di TV9 (Analisis Wacana)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wicaksono, Dedy Rizqi (2019) Pesan Dakwah Ustadz Ma’ruf Khozin Tentang Cara Memilih Pasangan Hidup Dalam Program Acara Kiswah Interaktif Di TV9 (Analisis Wacana). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Dedy Rizqi Wicaksono_B01215013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pesan dakwah Ustadz Ma’ruf Khozin tentang Cara Memilih Pasangan Hidup menurut enam elemen analisis wacana model Teun A. Van Djik, yaitu tematik, sekamtik, semantik, sintaksis, stilistik, dan retoris yang terdapat dalam video akun youtube TV9 Official. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk dan pesan dakwah yang terdapat pada video youtube berdasarkan enam elemen analisis wacana model Teun A. Van Djik, yaitu tematik, sekamtik, semantik, sintaksis, stilistik, dan retoris. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif non kancah dengan pendekatan analisis wacana model Teun A. Van Dijk. Dengan menggunakan enam elemen Van Dijk, yaitu struktur tematik melalui tema, struktur skematik melalui alur cerita, struktur semantik melalui bahasa dan maksud,struktur sintaksis melalui pendapat yang disampaikan, struktur stilistik pilihan kata apa yang dipakai dan struktur retoris melalui ekspresi dalam iklan tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi.Dari hasil penelitian, setelah dianalisis menggunakan enam elemen Van Djik yaitu, tematik, skematik, semantik, sintaksis, dan retoris maka diperoleh tiga unsur pesan dakwah akidah, syari’ah, dan akhlak. Pesan akidah adalah mengajak untuk berhati-hati, teliti dan penuh pertimbangan dalam memilih pasangan hidup. Pesan syari’ah adalah cara memilih pasangan hidup sesuai dengan tuntunan-tuntunan ajaran Islam. Pesan akhlak adalah mengamalkan ajaran-ajaran Rasulullah dengan melakukan sesuai apa yang jadi tujuan menikah dan memilih pasangan hidup itu bukan sekedar aspek kesenangan.Rekomendasi dari penelitian ini hendaknya ada model penelitian yang lain yang bisa digunakan untuk membahas tentang Pesan Dakwah Ustadz Ma’ruf Khozin Tentang Cara Memilih Pasangan Hidup Dalam Program Acara Kiswah Interaktif Di Tv9.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wicaksono, Dedy Rizqidedyrizqi00@gmail.comB01215013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorZuhriyah, Luluk Fikrielfikrizz@yahoo.com196912041997032007
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Uncontrolled Keywords: Pasangan Hidup - Program Acara Kiswah Interaktif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Wicaksono Dedy Rizqi
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:22
Last Modified: 13 Aug 2019 07:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34851

Actions (login required)

View Item View Item