Bentuk, pergerakan, dan gravitasi bumi menurut al-Qurtubi dalam kitab Al-Jami‘ li Ahkam Al-Qur’an dan Al-Biruni dalam Kitab Al-Qanun Al-Mas‘udi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'mah, Ulviyatun (2019) Bentuk, pergerakan, dan gravitasi bumi menurut al-Qurtubi dalam kitab Al-Jami‘ li Ahkam Al-Qur’an dan Al-Biruni dalam Kitab Al-Qanun Al-Mas‘udi. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulviyatun Ni'mah_F02517181.pdf

Download (933kB)

Abstract

Penelitian tesis ini membahas tentang pemikiran al-Qurtubi dan al-Biruni tentang bumi yang tercantum di dalam kitab mereka, yakni kitab tafsir al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an dan al-Qanun al-Mas‘udi. Kedua tokoh tersebut dipilih karena merupakan pakar di bidang masing-masing. al-Qurtubi merupakan pakar penafsiran al-Qur’an, sedangkan al-Biruni merupakan pakar dalam bidang astronomi. Fokus pembahasan dalam penelitian ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan bentuk bumi, perputaran bumi, dan gravitasi bumi. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori pembacaan intra-tekstualitas. Sementara metode yang digunakan dalam menyusun tesis ini adalah dengan menggunakan kajian kepustakaan (library research) dan analisis isi (content analysis). Adapun metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis-komparatif, yaitu mendeskripsikan bentuk bumi, perputaran bumi, dan gravitasi bumi menurut kedua tokoh tersebut, lalu dianalisis secara kritis, mencari sisi persamaan dan perbedaan, serta hal-hal yang belum dibahas oleh kedua tokoh tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa al-Qurtubi dan al-Biruni memiliki perbedaan dan persamaan dalam memandang bumi. Menurut al-Qurtubi bumi berbentuk datar, tidak bergerak sama sekali, baik bergerak untuk berputar pada porosnya maupun berputar mengelilingi matahari. Sedangkan menurut al-Biruni bumi berbentuk bulat, berputar pada porosnya namun diam ketika benda langit lain mengelilinginya, dan bumi memiliki gravitasi. Sedangkan persamaan antara keduanya adalah keduanya memiliki pendapat yang sama dalam memandang pergerakan bumi. Mereka berpendapat bahwa bumi diam. al-Qurtubi berpendapat bahwa bumi diam, tidak bergerak sama sekali, sedangkan al-Biruni berpendapat bahwa bumi diam ketika benda langit mengelilinginya. Mereka juga memiliki persamaan bahwa pendapat mereka tidak sesuai dengan kenyataan dan pembuktian ilmu pengetahuan saat ini. al-Qurtubi berpendapat bahwa bumi datar dan tidak bergerak sedangkan al-Biruni berpendapat bahwa bumi diam ketika benda langit lain mengelilinginya dan dia juga sepakat dengan paham geosentris. Namun, pendapat mereka tidak sesuai dengan kenyataan dan pembuktian ilmu pengetahuan saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'mah, Ulviyatunulvi_90@yahoo.co.idF02517181
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorNasir, M. Ridlwanridlwan@uinsby.ac.id195008171981031002
Subjects: Astronomi
Al Qur'an > Mukjizat al Quran
Al Qur'an
Tafsir
Uncontrolled Keywords: Gravitasi bumi
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ni'mah Ulviyatun
Date Deposited: 13 Aug 2019 08:24
Last Modified: 13 Aug 2019 08:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34832

Actions (login required)

View Item View Item