Desain dakwah di media sosial Ustadz Teuku Hanan Attaki melalui Shift Pemuda Hijrah: dalam tinjauan teori integrasi informasi Martin Feishbein

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umroh, Ulil Azmil (2019) Desain dakwah di media sosial Ustadz Teuku Hanan Attaki melalui Shift Pemuda Hijrah: dalam tinjauan teori integrasi informasi Martin Feishbein. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulil Azmil Umroh_F52717241.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, menjadi karakteristik utama zaman. Sector ekonomi, politik, pendidikan tdak lepas dari kemajuan ini. Aktifitas dakwah mendapat tantangan tersendiri untuk berkembang. Muncu fenomena menarik, ketika beragam bentuk media komunikasi dan informasi mulai secara aktif dimanfaatkan untuk menunjang kepentingan dakwah. Hal ini terlihat dari dakwah yang di desain oleh Ustadz Teuku Hanan Attaki melalui Shift Pemuda Hijrah yang memanfaatkan media sosial sebagai media dakwahnya. Dalam tulisan ini, penulis memfokuskan penelitian mengenai bagaimana desain dakwah yang dilakukan oleh Ustadz Teuku Hanan Attaki di Media Sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif etnografi media, yang teknik pengumpulan datanya melalui du acara yaitu online dan offline. Untuk menganalisa temuan data tersebut, penulis menggunakan Teori Integrasi Informasi oleh Martin Feishbein yang berasumsi bahwa semua informasi memiliki kekuatan untuk mempengaruhi sikap seseorang. Dari penelitian yang penulis lakukan secara online, penulis menemukan profil dari Ustadz Teuku Hanan Attaki dan Shift Pemuda Hijrah dari akun-akun media sosialnya. Kemudian dikonfirmasi dan dilengkapi secara offline melalui wawancara di Masjid Al Lathiif, Bandung. Akhirnya, penulis menyimpulkan bahwa desain dakwah yang dilakukan oleh Ustadz Hanan Attaki adalah sebuah rancangan dakwah yang bersumber dari integrasi informasi antara pemikirannya dengan Shift. Sehingga informasi yang disampaikan melalui media sosial memiliki kekuatan potensial untuk mempengaruhi seseorang agar memiliki sikap tertentu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umroh, Ulil Azmilazmil.khadijah@gmail.comF52717241
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAstutik, SriUNSPECIFIED1959020519860320004
Subjects: Komunikasi Dalam Islam
Remaja
Keywords: Ustadz Teuku Hanan Attaki; Shift Pemuda Hijrah
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Umroh Ulil Azmil
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:55
Last Modified: 13 Aug 2019 04:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34811

Actions (login required)

View Item View Item