Implementasi wakaf uang: studi kasus di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'idaturrohmah, Nur (2019) Implementasi wakaf uang: studi kasus di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Sa'idaturrohmah_F02416099.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tesis ini yang berjudul Implementasi Wakaf Uang ; Studi Kasus di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur) bertujuan menjawab pertanyaan: bagaimana implementasi wakaf uang di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur, dan bagaimana analisis pengembangan wakaf uang di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatatif. Lokasi penelitian di kantor pusat KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur Desa Karangcangkring Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap sumber terkait. Teknik pengolaan data menggunakan tiga cara, yaitu editing, organizing, dan penyajian data. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Implementasi wakaf uang di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur dimulai dengan wakif menyerahkan uang kepada KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur. Adapun wakif meliputi: pengurus, pengawas, pengelola; anggota yang melakukan pembiayaan; anggota yang mendapatkan SHU, peserta magang, Praktik Kerja Lapangan (PKL), peneliti; dan masyarakat di sekitar kantor. Wakaf uang yang terhimpun dikelola dalam Simpanan Pokok Khusus (SIMPOKSUS) yang diinvestasikan untuk pembiayaan dan investasi diperbankan syariah dalam bentuk tabungan dan deposito. Hasil investasi wakaf uang disalurkan kepada mauquf ‘alaih dan KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur. Wakaf uang yang terhimpun tahun 2015-2018 Rp. 1.408.605.913 dan mendapatkan bagi hasil Rp. 247.773.533. Bagi hasil tersebut baru disalurkan pada bulan Juni 2018 sebesar Rp 61.076.500, sedangkan yang belum disalurkan sebesar Rp. 186.697.033. 2) Pengembangan yang dilakukan oleh KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur adalah pendirian klinik dan ruko, tetapi untuk saat ini masih dalam tahap perencanaan (planning) manajemen KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur. Akan tetapi, KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur juga akan tetap merencanakan pengembangan lain yang dapat meningkatkan profitabilitas bagi KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur.
Oleh karena itu, peneliti memberi saran kepada KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur sebagai nadzir, ada baiknya melakukan: 1) Rekruitmen sumber daya insani khusus untuk mengelola dana wakaf uang, 2) Membuat berbagai macam strategi untuk memperkenalkan (sosialisasi) mengenai wakaf uang karena pemahaman masyarakat masih terbatas terhadap wakaf yang hanya berupa benda tidak bergerak seperti tanah, masjid, kuburan, dan lain-lain, 3) Memperkuat kerjasama dengan lembaga sosial yang lain khususnya lembaga perwakafan untuk penyaluran manfaat hasil investasi wakaf uang secara tidak langsung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'idaturrohmah, Nuraida.arrahmah@gmail.comF02416099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Wakaf
Keywords: Wakaf Uang; pengelolaan; pengembangan Wakaf Uang
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sa'idaturrohmah Nur
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:46
Last Modified: 13 Aug 2019 04:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34798

Actions (login required)

View Item View Item