Pola komunikasi pembimbing dalam penguatan mental anggota bimbingan belajar Simulasi Gontor (Sigor): studi deskriptif pada bimbingan belajar Simulasi Gontor Di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amaliyah, Dinda Ayu (2019) Pola komunikasi pembimbing dalam penguatan mental anggota bimbingan belajar Simulasi Gontor (Sigor): studi deskriptif pada bimbingan belajar Simulasi Gontor Di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dinda Ayu Amaliyah_B06215011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tidak dibukanya program capel (calon pelajar) di Gontor membuat wali calon santri ingin mendaftarkan anaknya pada bimbingan belajar SiGor (Simulasi Gontor). Ketertarikan penelitian ini didasari oleh fenomena membludaknya anggota bimbingan belajar SiGor dan juga cara mendidik yang bisa secara menyeluruh namun bisa terkesan pada setiap anggotanya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses komunikasi pembimbing dalam penguatan mental anggota bimbingan SiGor. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini maka digunakanlah metode deskriptif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai mengenai komunikasi yang dilakukan oleh pembimbing SiGor, kemudian data tersebut dianalisis secara kritis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini didapati bahwa penugasan dan pembiasaan dapat menguatkan mental anggota. Dan juga tiap pembimbing memilki seni komunikasi yang berbeda-beda. Keefektivitasan komunikasi interpersonal yang terjalin antara pembimbing SiGor dengan anggotanya ini dibantu dengan adanya pendekatan secara penetrasi sosial yakni menggali informasi pada diri komunikan seperti mengupas bawang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amaliyah, Dinda Ayudhindaayu13@gmail.comB06215011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMudjiono, YoyonUNSPECIFIED195409071982031003
Subjects: Bimbingan Belajar
Komunikasi Islam > Komunikasi
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal; Penetrasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Amaliyah Dinda Ayu
Date Deposited: 13 Aug 2019 02:14
Last Modified: 13 Aug 2019 02:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34786

Actions (login required)

View Item View Item