Kontekstualisasi hadis tentang konsep matla' dalam penentuan awal bulan Kamariah: studi ma'ani al-hadith riwayat Imam al-Tirmidhi No. Indeks 693

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bahari, Fajar (2019) Kontekstualisasi hadis tentang konsep matla' dalam penentuan awal bulan Kamariah: studi ma'ani al-hadith riwayat Imam al-Tirmidhi No. Indeks 693. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fajar Bahari_E95215043.pdf

Download (6MB)

Abstract

Hilal merupakan salah satu bentuk perubahan gejala alam yang menjadi petunjuk bagi manusia dalam menentukan waktu ibadah yang pelaksanaannya berdasarkan kalender Hijriah. Penentuan tersebut sering menimbulkan permasalahan dan perbedaan yang selalu aktual karena selalu muncul setiap tahun dan menarik untuk dibahas. Berbagai masalah yang muncul dalam penentuan awal bulan Kamariah khususnya menjelang awal bulan Ramdhan dan Syawal adalah mengenai matla’ yang kemudian muncul istilah matla’ global dan matla’ lokal. Penelitian ini disusun dengan rumusan masalah yang pertama, Bagaimana kualitas hadis riwayat imam al-Tirmidhi tentang matla’ sebagai konsep penentuan awal bulan Kamariah No. Indeks 693. Kedua, Bagaimana pemaknaan hadis riwayat imam al-Tirmidhi tentang matla’ sebagai konsep penentuan awal bulan Kamariah No. Indeks 693. Ketiga, Bagaimana implikasi matla‘ menurut hadis tentang penentuan awal bulan Kamariah dalam Sunan al-Tirmidhi No. Indeks 693? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan soio-historis. Pendekatan ini berusaha mengetahui situasi Nabi dan menyelusuri segala peristiwa yang melingkupinya dan masyarakat pada periode tersebut secara umum. Sehingga maksud hadis tersebut dapat diketahui dengan seksama. Dengan demikian, maksud hadis benar-benar menjadi jelas dan terhindar dari pelbagai perkiraan yang menyimpang. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Hadis tentang konsep matla’ dalam penentuan awal bulan Kamariah riwayat imam al-Tirmidhi no. indeks 693 berkualitas sahih li dzatih. Hadis tersebut berdampak positif pada keilmuan khususnya ilmu astronomi (hisab). Selanjutnya hadis tersebut jika dilihat pada masa sekarang hadis tersebut secara kontekstual dipahami bahwa berlakunya hasil rukyatul hilal dalam penentuan awal bulan Kamariah disesuaikan dengan masing-masing batasan negara (matla’ wilayat al-hukm).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bahari, Fajarmbahari.fajar@gmail.comE95215043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorIffah, IffahUNSPECIFIED196907132000032001
Thesis advisorSucipto, Mohammad HadiUNSPECIFIED197503102003121003
Subjects: Astronomi
Hisab dan Rukyah
Hadis
Uncontrolled Keywords: Konsep Matla'; Penentuan awal Bulan; Kamariah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Bahari Fajar
Date Deposited: 16 Aug 2019 04:30
Last Modified: 16 Aug 2019 04:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34785

Actions (login required)

View Item View Item