Pengorganisasian Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Menanggulangi Bencana Banjir di Desa Kebomlati Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusuf, Yusuf Yuliawan (2019) Pengorganisasian Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Menanggulangi Bencana Banjir di Desa Kebomlati Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yusuf Yuliawan_B92215089.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bersifat mengurangi resiko bencana banjir ang tejadi di Desa Kebomlati dan strategi untuk membangun kesadaran masyarakat dalam menghadapi bencana banjir setiap tahunya di Desa Kebomlati. Membangun kepercayaan antar masyarakat dan peneliti adalah langkah awal yang benar-benar harus dilakukan agar untuk mendapatkan data lebih mudah, sehingga bisa membangun kesiapsiagaan masyarakat dalam proses pendekatan dengan begitu masyarakat lebih mudah lagi untuk mengurangi dampak dari adanya bencana banjir yang terjadi akibat dari meluapnya sungai Bengawan Solo. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Riset) yang melibatkan peran aktif masyarakat khsususnya jamaah tahlil ibu-ibu Desa Kebomlati, yang selalu berpartisipasi dalam pengolahan masalah khususnya yang berkaitan dengan bencana banjir agar memunculkan kesadaran masyarakat untuk membangun kesiapsiagaan bnecana banjir dengan langkah-langkah seperti wawancara dan diskusi untuk mengurangi resiko bencana banjir. Dari penelitian dan pendampingan bersama masyarakat menghasilakn sebuah kegiatan-kegiatan yang bisa menjadi pedoman bagi masyarakat yakni pendidikan kebencanaan untuk membangun kesadaran masyarakat dalam menghadapi bencana banjir setiap tahunya, dan mampu merubah prilaku masyarakat yang semulanya pasrah dengan takdir tuhan kini diharapkan mampu bergerak bahwa semua bisa berubah tinggal bagaimana mereka berusaha dalam pengurangan resiko bencan. Dengan adanya penguatan tim siaga bencana FPRB (forum pengurangan resiko bencana) yang telah terbentuk pada tanggal 20 juni 2019 diharapakan masyarakat juga andil didalamnya bahkan untuk pemerintah desa juga ikut mendukung kegiatan-kegiatan masyarakat untuk pengurangan resiko bencana demi terciptnya desa yang tangguh akan bencana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusuf, Yusuf Yuliawanyusufyuliawan55@gmail.comB92215089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAdnan, Mujibdigilib@uinsby.ac.id2007025902
Subjects: Masyarakat
Pemberdayaan
Uncontrolled Keywords: pengorganisasian; kesiapsiagaan;
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Yuliawan Yusuf
Date Deposited: 13 Aug 2019 06:43
Last Modified: 13 Aug 2019 06:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34762

Actions (login required)

View Item View Item