Optimalisasi pekarangan sebagai Kebun Gizi Keluarga: pendampingan masyarakat di Desa Ngadirejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munawaroh, Dewi Amalia (2019) Optimalisasi pekarangan sebagai Kebun Gizi Keluarga: pendampingan masyarakat di Desa Ngadirejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Amalia Munawaroh_B92215067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pendampingan masyarakat dalam optimalisasi pekarangan sebagai kebun gizi keluarga. Penelitian ini berfokus pada aset yang dimiliki oleh masyarakat diantaranya aset alam berupa lahan pekarangan, dan aset skill individu. Adapun fokus pendampingan ini dijabarkan dalam beberapa pertanyaan penelitian, yakni 1) Apa aset potensial yang ada di Desa Ngadirejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban 2) Bagaimana strategi yang tepat dalam pendampingan untuk pembuatan kebun gizi di Desa Ngadirejo dan 3) Apa perubahan yang dihasilkan dari kegiatan pendampingan berbasis aset di Desa Ngadirejo. Pendampingan ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development). Pendekatan ini merupakan pendampingan masyarakat yang berfokus pada pengembangan aset dan potensi yang ada di masyarakat. Ada empat tahapan yang digunakan oleh peneliti diantaranya adalah discovery, dream, design dan destiny. Keempat tahapan tersebut bertujuan mengajak masyarakat untuk menemukenali aset dan potensi yang dimiliki untuk kemudian dikembangkan bersama. Strategi yang dilakukan pada proses pendampingan ini adalah dengan edukasi gizi kepada masyarakat, serta optimalisasi pekarangan sebagai kebun gizi keluarga. Program aksi yang dilaksanakan adalah kegiatan edukasi gizi dan pemanfaatan pekarangan, pembuatan kebun gizi, serta kerja bakti. Setelah proses pendampingan dilakukan, mulai dari tahap discovery, dream, design, sampai pada pelaksanaaan program atau destiny terdapat beberapa perubahan yang muncul di masyarakat, diantaranya: menyadari aset yang ada di lingkungan desa, masyarakat mulai mampu mengidentifikasi aset dan potensi yang dimiliki, masyarakat menyadari bahwa usaha perbaikan dan peningkatan gizi tidak hanya tugas bidan atau ahli kesehatan saja namun perlu adanya peran serta mereka salah satunya dengan mengotimalkan aset alam berupa pekarangan menjadi kebun gizi keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munawaroh, Dewi Amaliadewiamalia813@gmail.comB92215067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorHaris, Achmad MurtafiUNSPECIFIED197003042007011056
Subjects: Lingkungan Hidup
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Masyarakat; Aset Masyarakat Ngadirejo; Kebun Gizi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Munawaroh Dewi Amalia
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:49
Last Modified: 15 Aug 2019 04:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34752

Actions (login required)

View Item View Item