Analisis Hukum Islam dan UU No. 8 Tahun 1999 terhadap Sewa TV Kabel dan Wifi Berlangganan MNC Play Media di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chiftiyah, Muli'atul (2019) Analisis Hukum Islam dan UU No. 8 Tahun 1999 terhadap Sewa TV Kabel dan Wifi Berlangganan MNC Play Media di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muli'atul Chiftiyah_C02215049.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan yang berjudul Analisis Hukum Islam dan UU No. 8 Tahun 1999 terhadap Sewa TV Kabel dan Wifi Berlangganan MNC Play Media di Surabaya. Penelitian ini merupakan hasil lapangan untuk menjawab pertanyaan: bagaimana praktik sewa TV Kabel dan Wifi Berlangganan MNC Play Media di Surabaya dan bagaimana analisis hukum Islam dan UU No. 8 Tahun 1999 terhadap sewa TV Kabel dan Wifi Berlangganan MNC Play Media di Surabaya. Data penelitian merupakan penelitian kualitatif dihimpun melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dengan pihak sales marketing dan teknisi MNC Play Media Surabaya, Konsumen Penyewa TV Kabel dan Wifi MNC Play Media Surabaya. Kemudian setelah menghimpun data yang diperoleh, data memasuki tahapan editing dan organizing. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan teknik deskriptif analisis yakni mengolah dengan susunan yang deskriptif. Skripsi ini menggunakan pola pikir induktif, kemudian dianalisa dengan menggunakan hukum Islam dan UU No.8 Tahun 1999. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: Praktik sewa TV Kabel dan Wifi berlangganan MNC Play Media di Surabaya merupakan perjanjian dengan kesepakatan bersama di awal akad. Adanya gangguan yang terjadi semasa sewa menyebabkan tayangan dan internet tidak dapat digunakan, namun hal tersebut terjadi diluar kemauan ataupun dugaan pihak MNC Play Media di Surabaya. Dan berdasarkan analisis hukum Islam yang telah dikaji, maka dapat disimpulkan bahwa praktik sewa TV Kabel dan Wifi berlangganan MNC Play Media di Surabaya telah sesuai rukun dan syarat ija>rah. Sedangkan menurut UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, praktik sewa tersebut kurang sesuai Pasal 7 huruf b mengenai kewajiban pelaku usaha dalam memberikan informasi yang jelas mengenai kemungkinan yang biasa terjadi yaitu akan adanya gangguan saat pemakaian secara lisan. Dan dalam pasal 19 mengenai tanggung jawab pelaku usaha pihak MNC Play Media telah memberikan kompensasi sesuai dengan pasal tesebut. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka diharapkan kepada Teknisi MNC Play Media untuk estimasi waktu datang ke lokasi pelanggan lebih cepat saat terjadi adanya gangguan, serta sales marketing diharapkan pro aktif pada saat awal akad pendaftaran berlangganan menjelaskan secara lisan kepada pelanggan atas kemungkinan terjadi gangguan. Dan kepada pelanggan TV Kabel dan Wifi disarankan saat awal akad membaca dengan cermat dan teliti syarat dan ketentuan yang telah dibuat pihak MNC Play Media Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chiftiyah, Muli'atulmuliatulcc@gmail.comC02215049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSanuri, Sanurisuns_76@yahoo.com197601212007101001
Subjects: Hukum Islam
Sewa
Uncontrolled Keywords: Sewa: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Chiftiyah Muli'atul
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:34
Last Modified: 16 Aug 2019 03:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34749

Actions (login required)

View Item View Item