Pengorganisasian Komunitas Jama’ah Tahlil dalam Pengurangan Risiko Penyakit karena Bencana Banjir di Desa Sumbang Timun Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naja, AH. Daelami Firdausun (2019) Pengorganisasian Komunitas Jama’ah Tahlil dalam Pengurangan Risiko Penyakit karena Bencana Banjir di Desa Sumbang Timun Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
AH. Daelami Firdausun Naja_B02215001.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memaparkan tentang kondisi masyarakat Desa Sumbang Timun yang masyarakatnya sangat rawan dengan risiko penyakit saat bencana banjir karena belum adanya kesiapsiagaan masyarakat dalam mengantisipasi penyakit dan juga belum fektifnya sebuah organinasi kebencanaan dalam pengurangan risiko penyakit. Metode yang digunkan didalam penelitian ini adalah PAR (Participatory Action Reseach) dengan melibatkan peran aktif masyarakat dan partisipatif di dalam pemetaan, merumuskan masalah, merencanakan setrategi belajar, perencanaan aksi hingga sampai tahap evaluasi progam pemberdayaan, semua dilakukan untuk memancing pengetahuan masyarakat agar berani bertindak untuk menghadapai dampak dari bencana yang sering melanda wilayah mereka. Pengorganisiran yang dilakukan peneliti bersama masyarakat adalah pengurangan risiko penyakit karena banjir, dengan proses tujuan penyadaran masyarakat akan pentingnya sebuah tindakan sejak dini tanpa harus menggantungkanya pada pihak lain. Setrategi dan proses yang dilakukan peneliti dalam tindakan penyadaran adalah wawancara, pemetaan, forum-forum kecil formal maupun non formal proses penyadaran juga dilakuakan pada saat bersinggungan dengan masyarakat langsung. Perubahan yang terjadi setelah adanya pendampingan adalah masyarakat mulai mengerti tentang pengurangan risiko bencana oleh mereka sendiri, dengan mengefektifakn kembali kelompok kebencanaan yang ada di desa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naja, AH. Daelami Firdausunahdaelamirdausunnaja@gmail.comB02215001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAhrori, SyaifulUNSPECIFIED195509251991031001
Subjects: Bencana alam
Hubungan Masyarakat
Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Naja AH. Daelami Firdaudun
Date Deposited: 14 Aug 2019 02:26
Last Modified: 14 Aug 2019 02:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34741

Actions (login required)

View Item View Item