Implementasi metode Bermain Peran dalam mengembangkan komunikasi pada anak kelompok A (4-5 tahun) di Taman Kanak-Kanak Al-Falahiyah Kranggan Sidokumpul Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozuqi, R.A. Ary Raditya Ningrum (2019) Implementasi metode Bermain Peran dalam mengembangkan komunikasi pada anak kelompok A (4-5 tahun) di Taman Kanak-Kanak Al-Falahiyah Kranggan Sidokumpul Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
R.A. ARY RADITYA N.R_D98215068.pdf

Download (1MB)
[img] Text
R.A. Ary Raditya N.R_d98215068.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan anak dalam berkomunikasi seperti anak terbata-bata ketika menjawab pertanyaan dari guru, sehingga suasana pembelajaran yang nampak menunjukkan kurangnya interaksi.
Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi bermain peran untuk mengembangkan komunikasi lisan, dan bagaimana metode bermain peran dalam mengembangkan komunikasi lisan. Disamping itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajarandengan penggunaan metode bermain peran dalam mengembangkan komunikasi lisan anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada siklus I dan siklus II terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, penilaian non tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Penerapan metode bermain peran telah berhasil terbukti. Hal ini dapat dilihat pada hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I sampai II dengan pemerolehan nilai 90,90. Dikarenakan guru mulai mampu membaca situasi dan karakteristik pembelajaran anak. 2) Adanya metode bermain peran yang digunakan pada proses pembelajaran, hasil ketuntasan anak dalam mengembangkan kemampuan komunikasi lisan terlihat dari banyak anak yang mendapatkan nilai berkembang sangat baik. Dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata yang menunjukkan pada kegiatan pra siklus sebesar 7,14 (Belum Berkembang), pada tahap siklus I sebesar 35,71 (Mulai Berkembang) dan siklus II memperoleh nilai sebesar 64,28 (Berkembang Sesuai Harapan) dan memenuhi indikator kinerja yang diharapkan. Selain itu, saran untuk peneliti lain yaitu hendaknya memperhatikan kelemahan dan kelebihan penelitian ini sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam penelitian berikutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozuqi, R.A. Ary Raditya Ningrumaryraditya27@gmail.comD98215068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorPurwati, Enieni.tarbiyah@gmail.com196512211990022001
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com196707061994032001
Subjects: Anak
Metode Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Pendidikan > Pendidikan Anak
Uncontrolled Keywords: Bermain Peran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Rozuqi R.A. Ary Raditya Ningrum
Date Deposited: 12 Aug 2019 06:16
Last Modified: 12 Aug 2019 06:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34702

Actions (login required)

View Item View Item