Pemuda Karang Taruna "Karya Mandiri" dalam upaya pemberdayaan ekonomi: studi ekonomi kreatif pemanfaatan sampah plastik di Desa Belahan Rejo Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shoberi, Muhammad Nur (2019) Pemuda Karang Taruna "Karya Mandiri" dalam upaya pemberdayaan ekonomi: studi ekonomi kreatif pemanfaatan sampah plastik di Desa Belahan Rejo Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nur Shoberi_B02214009.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini membahas tentang pendampingan komunintas karang taruna “KARYA MANDIRI” dalam upaya pemberdayaan ekonomi (studi ekonomi kreatif pemanfaatan sampah plastik). Dengan berfokus pada aset dan potensi terbesar yang ada di Desa Belahan Rejo yaitu para pemuda yang merupakan generasi muda penerus bangsa. Dengan memanfaatkan aset dan mengembangkan potensi yang dimiliki dengan tujuan untuk mengoptimalkan peran serta partisipasi pemuda karang taruna dalam bidang kewirausahaan. Adapun fokus pendampingan dalam penelitian ini meliputi : Aset dan potensi apa saja yang dimiliki Desa Belahan Rejo dalam mewujudkan ekonomi kreatif ? 2) Bagaimana strategi atau metode pendampingan terhadap pemuda karang taruna “KARYA MANDIRI” dalam mewujudkan ekonomi kreatif ? 3) Bagaiamana perubahan yang dihasilkan setelah adanya proses pendampingan ?. Pada proses pendampingan ini, peeliti melakukan inkulturasi terlebih dahulu yang kemudian dilanjutkan mengungkap kejayaan di masa lalu, membangun masa depan bersama masyarakat, merencanakan aksi perubahan dan melaksanakan rencana serta melakukan monitoring dan evaluasi. Metode pendampingan ini menggunakan pendekatan ABCD (Assed Community Development) yang berbasis aset dan potensi yang ada di desa dengan empat tahapan yaitu Discovery, Dream, Design dan Destiny. Proses pendampingan dimulai dari FGD, perencanaan hingga pelaksanaan aksi berupa pendidikan kewirausahaan dan pembuatan kerajinan dari sampah plastik. Hasil dari pendampingan ini adalah adalah komunitas karang taruna “KARYA MANDIRI” bisa lebih mandiri dan bertanggung jawab terhadap aset dan potensi yang dimiliki. Sehingga nantinya komunitas karang taruna berperan serta berkontribusi dalam pembangunan di desa dengan meningkatkan skill, kreatifitas serta inovasi dalam pemanfaatan sampah plastik berupa bunga, vas bunga dan tudung saji.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shoberi, Muhammad NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAhrori, SyaifulUNSPECIFIED195509251991031001
Subjects: Ekonomi
Organisasi Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Pemuda Karang Taruna; Pemberdayaan, Ekonomi Kreatif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Shoberi Muhammad Nur
Date Deposited: 14 Aug 2019 08:24
Last Modified: 14 Aug 2019 08:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34694

Actions (login required)

View Item View Item