Makna Amar Makruf Nahi Munkar: studi interpretasi hadis Sunan Abu Dawud no 1140

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoirul, Umam (2019) Makna Amar Makruf Nahi Munkar: studi interpretasi hadis Sunan Abu Dawud no 1140. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirul Umam_E95215047.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada hadis tentang amar maruf nahi munkar riwayat Abu Dawud no indeks 1140. Berangkat dari probemaika masyarakat yang kurang fasih daam pemahaman dan pengapikasian konsep amar makruf dan nahi mungkr. Hadis tersebut diteliti berdasarkan kritik sanad dan kritik matan. Metode yang digunakan adalah library research dan disertai metode maanil hadis. Penulis menguraikan objek penelitian dengan DUA rumusan masalah. Pertama Bagaimana kualitas hadis amar makruf nahi munkar dalam Sunan Abu Dawud 1140? kedua Bagaimana interpretasi terhadap hadis amar makruf nahi munkar. Berdasarkan kualitasnya Hadis riwayat abu dawud terbukti bahwa hadis yang diriwayatkan berstatus sahih lidzatihi, analisis penulis terhadap amar makruf nahi munkar Bahwa yang dimaksud dengan tangan adalah dengan kekuasaan karena dengan kekuasaanlah amar makruf menjadikan sebuah kewajiban bagi pemimpin terhadap yang dipimpin namun dalam beramar makruf tidak akan menjadi sebuah kewajiban bagi mereka yang tidak memiliki wewenang, dengan menggunakan lisan maksudnya adalah jika dengan perkataan mampu dalam mengajak yang makruf maka lakukanlah dengan perkataan yang baik tanpa menyinggung ataupun menjatuhkan dan itu semua bisa dilakukan dengan cara seperti dialog, ceramah, khutbah dll, dan yang ketiga adalah dengan hati, dan jika itu dinilai sebagai selemah-lemahnya iman maka disitulah letak kemampuan dalam berikhtiar manusia dalam amar makruf nahi munkar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoirul, Umamkumam369@gmail.comE95215047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id197604162005011004
Thesis advisorPurwanto, Purwantojalamakna@gmail.com197804172009011009
Subjects: Ahlusunnah Waljama'ah
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Interpretasi; Amar MaKruf Nahi Munkar,
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Umam Khoirul
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:58
Last Modified: 14 Aug 2019 03:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34681

Actions (login required)

View Item View Item