Analisis Semiotika Dalam Iklan Shopee 12.12 Birthday Sale Edisi Blackpink

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dara, Adinda Rita (2019) Analisis Semiotika Dalam Iklan Shopee 12.12 Birthday Sale Edisi Blackpink. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adinda Rita Dara_B06215005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Makna merupakan pikiran atau referensi yang tidak dapat ditentukan secara mutlak, melainkan selalu dalam relasi antara lambang dan acuan atau referen. Sedangkan citra merupakan gambaran tentang realitas atau persepsi yang tidak harus sesuai dengan apa yang tergambarkan dan pastinya berbeda setiap pendapat. Fokus penelitian ini mengenai bagaimana makna citra perempuan ditampilkan dalam iklan Shopee tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Charles Sander Pierce dengan pendekatan kritis yang mampu menjadi salah satu cara pandang terhadap realitas sosial yang dapat terjadi di dalam kehidupan nyata serta dapat mengetahui bagaimana cara memaknai perempuan sebagai objek dalam iklan Shopee tersebut. Dari hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa citra perempuan digambarkan sebagai penarik minat khalayak untuk membeli atau menggunakan suatu produk atau jasa tersebut. Bertitik tolak dari penelitian ini beberapa rekomendasi yang dapat dijadikan bahan pertimbangan antara lain ; (1) Bagi masyarakat hendaknya mampu berpikir kritis dan tidak mudah terpengaruh dengan iklan yang ditawarkan begitu saja. (2) Bagi agensi periklanan agar lebih bijak dalam pembuatan iklan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dara, Adinda Ritadiindaabeadles@gmail.comB06215005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuchlis, MuchilsUNSPECIFIED197911242009121001
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Semiotika
Iklan
Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dara Adinda Rita
Date Deposited: 15 Aug 2019 02:26
Last Modified: 15 Aug 2019 02:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34638

Actions (login required)

View Item View Item