Peran majelis ta'lim dalam transformasi sosial budaya pada Komunitas Pengemis Desa Banyu Ajuh Kecamatan Kamal Bangkalan Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Siti (2019) Peran majelis ta'lim dalam transformasi sosial budaya pada Komunitas Pengemis Desa Banyu Ajuh Kecamatan Kamal Bangkalan Madura. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Aisyah_F02317105.pdf

Download (3MB)

Abstract

Transformasi sosial budaya adalah sebuah gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. Perubahan sosial budaya merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat. Masyarakat adalah salah satu lingkungan pendidikan yang besar pengaruhnya terhadap perkembangan pribadi seseorang, pandangan hidup, sosial budaya dan perkembangan ilmu yang mewarnai keadaan masyarakat tersebut. Dalam sistem pendidikan nasional ini disebut “pendidikan masyarakat” yang salah satu bentuknya adalah majelis ta’lim. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah:1) Bagaimana peran Majelis Ta’lim dalam transformasi sosial budaya pada komunitas pengemis di desa Kamal Madura? 2) Bagaimana dampak dari peran Majelis Ta’lim dalam proses transformasi sosial budaya bagi komunitas pengemis di desa Kamal Madura? Sesuai dengan judul yang peneliti angkat, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan cara deduktif, induktif, intepretasi dan komparasi. Keberadaan Majlis Taklim Al-Hidayah di desa Banyu Ajuh Kecamatan Kamal Bangkalan Madura memainkan peran yang cukup signifikan. Hal itu dapat di cermati dalam berbagai aspek serta orentasi Majlis Taklim tersebut. Adapun yang menjadi arah orentasi Majlis Taklim Al-Hidayah seperti: sebagai pusat pendidikan Agama Islam di Masyarakat, sebagai ruang silaturrahmi dan kontak sosial, wadah kegiatan dan beraktivitas, pusat pembinaan dan pengembangan sosial budaya, lembaga pendidikan dan keterampilan. Dampak dari keberadaan mejelis taklim Al-Hidayah kemudian memberikan berbagai transformasi di bidang sosial dan budaya dalam masyarakat itu sendiri. Dapat dilihat perubahan yang hadir kemudian mengarah pada bentuk perubahan maju (Progres). Adapun bentuk-bentuk transformasi yang terjadi meliputi: transformasi pola pikir, transformasi sikap di era globalisasi dan intraksi sosial, memupuk rasa solidaritas dalam masyarakat untuk membantu orang yang tidak mampu, pemberdayaan ekonomi sejahtera, dan yang terakhir menjalin silaturrahmi antar masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Sitiaisyahpai0@gmail.comF02317105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAbitolkha, Amir MalikiUNSPECIFIED1971110814996031002
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Peran Guru
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aisyah Siti
Date Deposited: 12 Aug 2019 08:03
Last Modified: 12 Aug 2019 08:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34619

Actions (login required)

View Item View Item