Representasi muslimah dalam film “Assalamualaikum Calon Imam”: tinjauan teori representasi stuart hall

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilhamsyah, Mochamad Rosy (2019) Representasi muslimah dalam film “Assalamualaikum Calon Imam”: tinjauan teori representasi stuart hall. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Rosy Ilhamsyah_F02717227.pdf

Download (11MB)

Abstract

Dewasa ini, film dapat menjangkau berbagai segmentasi khalayak yang membuatnya menjadi media yang berpotensi mempengaruhinya, oleh sebab itu media film dapat digunakan berdakwah untuk memudahkan proses penyampaian materi dakwah. Namun representasi pada media sebenarnya realita semu, oleh karena itu dalam penelitian ini memfokuskan bagaimana muslimah direpresentasikan dalam film Assalamualaikum Calon Imam dan ideologi apa yang terkandung pada film tersebut. Metode dalam penelitian ini ialah analisis semiotik model Roland Barthes melalui sistem pemaknaan pada tahap pertama (denotasi, dan konotasi) dan tahap kedua (mitos) serta menyertakan teori representasi karya Stuart Hall untuk mengetahui adanya representasi yang terkandung dalam film Assalamualaikum Calon Imam. Berdasarkan metode tersebut peneliti menemukan bahwa muslimah yang digambarkan melalui film Assalamualaikum Calon Imam adalah pertama, muslimah yang aktif beraktifitas dalam berbagai kegiatan diantaranya sebagai seorang mahasiswa dan mengikuti beladiri taekwondo. Kedua, muslimah dengan kepedulian sosial. Ketiga, akhlak seorang muslimah terhadap orang tua dan suami yang digambarkan taat kepada kedua orangtuanya dan sebagai seorang istri yang taat dan rendah diri kepada suaminya. Terakhir, muslimah dengan keteguhan iman. Dari hasil penelitian didapati kesimpulan bahwa dalam perempuan muslimah dalam film Assalamualaikum Calon Imam direpresentasikan sebagai perempuan yang sabar, dan terdapat ideologi yang terkandung pada film Assalamualaikum Calon Imam yakni ideologi patriarki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilhamsyah, Mochamad Rosyholic_rozzy@yahoo.comF02717227
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMoefad, Agoes Moh.197008252005011004197008252005011004
Subjects: Agama
Akhlak
Akhlak > Akhlak Mulia
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Komunikasi Dalam Islam
Komunikasi
Al Qur'an
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Semiotika; Representasi; Muslimah; Assalamualaikum Calon Imam
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ilhamsyah Mochamad Rosy
Date Deposited: 12 Aug 2019 07:28
Last Modified: 12 Aug 2019 07:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34583

Actions (login required)

View Item View Item