Implementasi Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 36 Tahun 2015 tentang Pencegahan Perkawinan pada Usia Anak dalam Perspektif Maslahah Mursalah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Affarudin, Muhammad Agung Ilham (2019) Implementasi Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 36 Tahun 2015 tentang Pencegahan Perkawinan pada Usia Anak dalam Perspektif Maslahah Mursalah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Agung Ilham Affarudin_C91215070.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang ditulis dengan judul “Implementasi Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 36 Tahun 2015 Tentang Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak Dalam Perspektif Mas}lah}ah Mursalah” merupakan penelitian pustaka yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah. Rumusan masalah yang pertama yaitu, bagaimana implementasi Perbup Gunungkidul Nomor 36 Tahun 2015 Tentang Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak? dan rumusan masalah yang kedua yaitu, bagaimana implementasi Perbup Gunungkidul Nomor 36 Tahun 2015 Tentang Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak dalam perspektif Maslahah Mursalah?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Etnografi (field research). Tehnik yang digunakan dalam penelitian ini adalah data penelitian yang dihimpun dari telaah teks dan wawancara Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul, Humas PA Wonosari Gunungkidul, Ketua Bidang BPMPKB Gunungkidul, dan beberapa masyarakat Gunungkidul. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan metode analisis dekstriptif dengan pola pikir deduktif, yakni menggambarkan hasil penelitian secara sistematis dari hasil telaah teks dan wawancara, kemudian penulis memberikan pemecahan persoalan dengan teori Maslahah Mursalah Perbup tentang pencegahan perkawinan pada usia anak yang bersifat khusus. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa: Pertama, implementasi Perbup Gunungkidul Nomor 36 Tahun 2015 Tentang Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak merupakan peraturan khusus berupa upaya-upaya, program, aksi, kegiatan yang digunakan instansi pemerintahan Kabupaten Gunungkidul dalam rangka mencegah terjadinya perkawinan pada usia anak dan menurunkan angka perkawinan pada usia anak. Kedua, peraturan ini memiliki sisi kebaikan dan kemanfaatan dimana peraturan ini memang telah menjadi dasar tegaknya kehidupan asasi manusia (maslahah dharuriyyah, peraturan ini juga telah menjawab persoalan yang dibutuhkan manusia untuk menghilangkan kesulitan dan kesusahan yang dihadapi (maslahah hajiyyah), selain itu peraturan ini telah memelihara kebagusan dan kebaikan budi pekerti serta keindahan sosial budaya (maslahah tahsiniyyah). Sesuai dengan penelitian ini maka Perbup Gunungkidul Nomor 36 Tahun 2015 Tentang Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak telah sesuai dengan prinsip-prinsip mas}lah}ah mursalah. Oleh sebab itu, maka disarankan peraturan ini bisa dijadikan percontohan untuk ditiru dan diterapkan oleh daerah di sekitarnya baik secara skala dalam provinsi maupun skala luar provinsi se-Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Affarudin, Muhammad Agung Ilhamagungilham45@gmail.comC91215070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorNadhifah, Nurul AsiyaUNSPECIFIED197504232003121001
Subjects: Hukum > Hukum Perdata Islam
Perkawinan
Sumber Daya Manusia
Uncontrolled Keywords: Peraturan Bupati; Perkawinan; Usia Anak; Maslahah Mursalah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Affarudin M. Agung Ilham
Date Deposited: 14 Aug 2019 06:33
Last Modified: 14 Aug 2019 06:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34582

Actions (login required)

View Item View Item