Makna Perilaku Keagamaan Bagi Para Peziarah Makam Habib Abdurrahman Bin Alwi Bafaqih (Mbah Sayyid)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilham Fauzi, Taufik (2019) Makna Perilaku Keagamaan Bagi Para Peziarah Makam Habib Abdurrahman Bin Alwi Bafaqih (Mbah Sayyid). Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Taufiq Ilham Fauzi_E92215033.pdf

Download (8MB)

Abstract

Ziarah merupakan sebuah tradisi yang terjadi dalam masyarakat Indonesia dengan melakukan berbagai bentuk perilaku keagamaan. Selain, itu peziarah yang datang berperilaku berbeda antara satu dengan lainnya dalam mengekspresikan keagamaan mereka ketika menziarahi. Bahkan motivasi peziarah yang datang berbeda-beda antara satu peziarah dengan yang lain karena latar belakang peziarah juga berbeda tempat. Dalam skripsi yang berjudul Makna Perilaku Keagamaan Bagi Peziarah Makam Habib Abddurahman Bin Alwi Bafaqih, peneliti mengungkap bagaimana bentuk-bentuk perilaku keagamaan yang dilakukan peziarah ketika berziarah di makam Mbah Sayyid serta apa makna dan motivasi para peziarah sehingga datang untuk berziarah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku keagamaan peziarah dan makna serta motif yang menjadi landasan peziarah untuk datang berizarah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis dan lisan dari orang-orang dan perilaku keagamaan yang dapat diamati atas hasil dari hasil penelitian di lapangan. Dalam proses menggali data peneliti menggunakan dua sumber data yaitu: sumber data primer dan dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntassumber data sekunder; adapun pengumpulan data yang digunakan penliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi; sementara ini, analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara interaktif sampai tuntas. Ada tiga analisis, yaitu reduksi data, penyajian data, pemaknaan data. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa setiap peziarah yang hadir berbeda-beda dalam perilaku keagamaannya sesuai dengan yang dipahami. Selain itu, motivasi peziarah yang datang berziarah ke makam Mbah Sayyid juga berbeda-beda antara peziarah satu dengan peziarah lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilham Fauzi, TaufikUNSPECIFIEDE92215033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Respondentmadhuri, CakUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Psikologi > Psikologi Islam
Psikologi Sosial
Keywords: Perilaku Keagamaan; Peziarah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Fauzi Taufik Ilham
Date Deposited: 12 Aug 2019 04:56
Last Modified: 12 Aug 2019 04:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/34572

Actions (login required)

View Item View Item